Surabaya (Antaranews Jatim) - Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi memberikan penghargaan kepada atlet yang berprestasi dalam ajang Pembinaan Satuan (Binsat) Marinir 2018 pada apel khusus di Bumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu (24/10).

Penghargaan tersebut diterima oleh Komandan Yonif 1 Mar Letkol Marinir Danang Wahyu lsbiantoro atas prestasi Batalyon Infanteri 1 Marinir sebagai juara umum lomba Binsat Korps Marinir Tahun 2018 dan batalyon tercepat pada cabang halang rintang. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Serda Mar Reka Arinaldy dari Yontaifib 2 Mar peraih predikat tercepat di cabang cross country dan Pratu Mar M. Zangki Adin dari Yonif 1 Mar peraih predikat tercepat cabang halang rintang.

Sebelum memberikan penghargaan, Komandan Pasmar 2 menerima bendera Kontingen Binsat Pasmar 2 dari Komandan Kontingen Binsat Pasmar 2 Kolonel Marinir Suliono yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo.

Dalam amanatnya, Komandan Pasmar 2 mengatakan, hari ini prajurit Pasmar 2 bisa menyaksikan bersama hasil jerih payah yang sudah dilakukan beberapa bulan yang lalu, berlatih dengan susah payah, menguras tenaga, keringat dan pikiran. Semua itu kalian tunjukkan dalam lomba Binsat Korps Marinir 2018 yang hasilnya Batalyon Infanteri 1 Marinir berhasil meraih predikat juara umum.

Disampaikan pula bahwa sudah beberapa tahun piala juara umum berada di Jakarta, tapi tahun ini prajurit Pasmar 2 berhasil merebut piala itu dan harus bergeser ke Surabaya.

"Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan perjuangan prajurit Pasmar 2, kalian adalah prajurit terbaik karena dari 34 Batalyon Marinir Indonesia yang bertanding, kalianlah pemenangnya," katanya.

Sementara itu Komandan Brigade Infanteri 2 Marinir (Brigif 2 Mar) Kolonel Marinir Suliono menerima penyerahan Jabatan Perwira Staf Personel (Paspers) di Lobi Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Kamis.

Jabatan Paspers Brigif 2 Marinir tersebut diserahkan oleh Letkol Marinir Dwi Wardono kepada Komandan Brigif 2 Marinir, karena Letkol Marinir Dwi Wardono akan menempati jabatan baru sebagai Kamajas Depjas Akademi Angkatan Laut.

Dalam amanatnya, Komandan Brigif 2 Marinir mengatakan serah terima jabatan merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pemimpin Korps Marinir kepada para perwira terpilih untuk mengembangkan  kepemimpinannya, kreativitas serta kemampuan konsepsionalnya pada jabatan penting sesuai dengan stratanya.

Perwira staf personel, lanjutnya, merupakan jabatan yang sangat penting dalam Brigif 2 Marinir. Tugas seorang Paspers tidaklah ringan, karena selain harus mampu merencanakan dan mengendalikan personel untuk mengawaki jabatan-jabatan yang ada, juga harus memelihara dan meningkatkan kemampuan kesamaptaan jasmani, pemeliharaan dan perawatan kesehatan prajurit beserta keluarganya.
 
Disampaikan pula bahwa selama menjabat Paspers Brigif 2 Marinir, Letkol Marinir Dwi Wardono telah banyak memberikan kontribusi yang produktif untuk kemajuan Brigif 2 Marinir.

 

Apel Khusus

Di tempat terpisah, Komandan Brigade Infanteri 2 Marinir Kolonel Marinir Suliono memimpin apel khusus prajurit di lapangan apel Bhumi Marinir Gedangan, Sidaorjo, Kamis.

Kegiatan yang dihadiri Wadan Brigif 2 Mar Letkol Mar Yudi Asmar, Pasintel Letkol Mar Beni Rahim, Pasops Letkol Mar Argo Setiyono, Paspers Letkol Mar Dwi Wardono, Danyonif 1 Mar Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro, Danyonif 3 Mar Letkol Mar Prasetyo Pinandito, Dankima Brigif 2 Mar Kapten Marinir Juandi dan seluruh perwira Brigif 2 Marinir tersebut diikuti seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Brigif 2 Marinir dengan komandan apel Mayor Marinir A. Fauzi yang sehari-hari menjabat sebagai Wadan Yonif 5 Marinir.

Di depan ribuan prajurit, orang nomor satu di Brigif 2 Marinir itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit atas prestasi yang telah diraih Tim Binsat Brigif 2 Marinir yaitu Yonif 1 Marinir sebagai Juara Umum Binsat Korps Marinir 2018, Yonif 3 Marinir sebagai juara tiga dan Yonif 5 Marinir di urutan delapan.
 
Lebih lanjut disampaikan bahwa prestasi tersebut dapat diraih tidak dengan mudah, tetapi melalui proses perjuangan yang sangat panjang, mulai dari persiapan hingga saat pertandingan yang diikuti 34 batalyon Marinir dari seluruh Indonesia. Dengan semangat yang tinggi, prajurit Petarung Brigif 2 Marinir mampu menunjukkan ketangguhan  dan kehebatan dalam Lomba Binsat Korps Marinir 2018.

Selain Juara Umum Binsat Korps Marinir 2018, Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Brigif 2 Marinir juga mampu meraih predikat terbaik di tingkat Korps Marinir dan Tamtama Teladan perwakilan dari Brigif 2 Marinir mampu meraih predikat terbaik tingkat Korps Marinir.

"Penghargaan untuk tiga prestasi yang telah diraih prajurit Brigif 2 Marinir akan diserahkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) saat peringatan HUT ke-73 Korps Marinir di Bumi Marinir Karangpilang, Surabaya," katanya.(*)
 

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018