Surabaya (Antaranews Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menginginkan Kota Surabaya, Jawa Timur memiliki berbagai macam museum sehingga nantinya bisa mendapat predikat sebagai kota seribu museum.
     
Tri Rismaharini, di Surabaya, Selasa, mengatakan sejak awal menjabat Wali Kota Surabaya sudah bermimpi untuk menjadikan Kota Surabaya memiliki banyak perpustakaan dan museum. 
     
"Saya punya mimpi saat saya jadi wali kota, bukan hanya ada satu perpustakan di Surabaya, tetapi saya ingin membangun 1.000 perpustakaan di Kota Surabaya. Saat ini Surabaya mempunyai 1.498 perpustakaan," katanya.
     
Menurut dia, keinginannya agar Kota Surabaya memiliki ribuan perpustakaan dan berbagai museum berangkat dari harapannya agar generasi muda di kota itu tidak melupakan sejarahnya. Apalagi hingga kini Surabaya dikenal dengan Kota Pahlawan, sehingga diharapkan anak-anak mengerti, mengenal dan tahu tentang sejarahnya itu. 
   
Selain itu, Risma bersama para veteran Kota Surabaya selalu rutin menggelar sekolah kebangsaan. Bahkan dalam sekolah itu, dijelaskan tentang tempat-tempat bersejarah di Surabaya, sehingga para generasi muda ini lebih paham akan sejarah kotanya sendiri. 
     
"Meskipun, saya sendiri juga terus belajar," katanya.
     
Ia sempat kaget pada saat dirinya mendapat penghargaan Purwakalagrha sebagai Pejabat Peduli Museum 2018.  Penghargaan itu diterima langsung oleh Risma pada acara Indonesia Museum Awards yang digelar di Perpustakaan Nasional di Jakarta pada Minggu (14/10).
     
"Terus terang saya kaget waktu diberitahu dapat penghargaan itu karena saya belum melakukan apa-apa," ujarnya.
     
Ketua Pelaksana Indonesia Museum Awards 2018 yang juga pendiri Komunitas Jelajah,  Musiana Yudhawasthi sebelumnya mengatakan Risma dinilai layak menerima penghargaan itu karena memberikan sumbangsih nyata bagi perkembangan permuseuman di Kota Surabaya.
     
Menurut Musiana, di tangan Risma ini lah Kota Surabaya berubah. Dulunya Kota Surabaya gersang dan kini sudah berubah hingga mendapat julukan kota sejuta taman. Setelah sejuta taman, Risma juga bermimpi Kota Pahlawan ini bisa menjadi kota seribu museum.  
     
"Makanya, setiap tahun Risma mempunyai target untuk membangun museum baru di Surabaya dengan menggandeng berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, khususnya yang memiliki bangunan dan benda-benda yang bernilai sejarah," katanya.
     
Musiana menjelaskan Risma juga bercita-cita kotanya nanti bisa memiliki berbagai macam museum, seperti Museum Cat, Kantor Pos, Museum Makanan Tradisional, dan Museum Industri.
     
Bagi Risma, lanjut Musiana, museum itu merupakan tempat yang istimewa sehingga beberapa benda pusaka miliki keluarganya, seperti ndok bledek, tombak dan beberapa keris peninggalan buyut-buyutnya, disimpan di Museum NU Surabaya. 
     
"Selama dia menjabat, sudah banyak museum yang diresmikan dan masih banyak museum lagi yang akan diresmikan, sampai akhirnya Kota Surabaya benar-benar menjadi kota seribu museum," katanya.  (*)

 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018