Jember (Antaranews Jatim) - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengatakan sejumlah daerah di Jawa Timur dapat diandalkan menjadi lokomotif untuk mendorong perekonomian nasional secara keseluruhan.

"Tugas pemerintah untuk mendorong agar pusat-pusat pertumbuhan ekonomi itu menyebarkan geliat ekonomi ke wilayah lain untuk menyikapi masalah ketimpangan yang terjadi selama ini," katanya usai melakukan kampanye politik di Pasar Tanjung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu.

Ia mengatakan kunjungannya ke sejumlah daerah di Jawa Timur seperti Surabaya, Pasuruan,Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, dan Jember terlihat adanya geliat ekonomi di sekitar pesantren dan pusat pertumbuhan ekonomi di provinsi setempat menujukkan kinerja yang baik.

"Hal itu bisa dijadikan salah satu katalis pembangunan ekonomi yang bisa menciptakan lapangan kerja karena dari segi makro, kondisi ekonomi saat ini menghadapi kendala seperti sulitnya lapangan kerja dan harga bahan pokok yang naik," tuturnya.

Menguatnya dollar dan melemahnya rupiah, lanjut dia, tentu akan berdampak pada biaya-biaya hidup masyarakat, sehingga kehadirannya di Jember dengan beberapa kegiatan diharapkan dapat menggeliatkan ekonomi.

"Pemilihan presiden itu sebenarnya referendum tentang ekonomi yakni bagaimana pasangan capres dan cawapres bisa mengelola ekonomi lebih baik lagi," ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Pasangan Prabowo Subianto itu menjelaskan kunjungannya ke sejumlah daerah dengan mengunjungi sejumlah pesantren di Jawa Timur untuk menyasar ekonomi berbasis pesantren dan kegiatan yang berkaitan dengan meningkatnya ekonomi rakyat berbasis komunitas.

"Kami melihat komoditas tembakau bergabung dengan komunitas pesantren dengan menunjukkan adanya geliat ekonomi, sehingga bisa dirajut untuk menciptakan lapangan kerja," katanya.

Sandiaga mengatakan Prabowo-Sandi akan fokus pada ekonomi akar rumput atau ekonomi rakyat, sehingga pertumbuhan ekonomi itu tidak hanya untuk kalangan menengah keatas, namun masyarakat kalangan bawah akan menjadi fokus program kerja pasangan capres dan cawapres nomor urut 2.

Dalam safari politiknya ke Kabupaten Jember, Sandiaga Uno berkunjung ke Pesantren Al-Qodiri, bertemu relawan dan warga  di kawasan Rien Collection, kemudian di rumah juang pemenangan Prabowo-Sandiaga dan bertemu sejumlah pengusaha muda yang difasilitasi oleh HIPMI  di Tarutama Nusantara (TTN).(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018