Surabaya (Antaranews Jatim) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke- 73 menggelar pameran alat utama sistem senjata (Alutsista) yang terbuka bagi masyarakat umum di Surabaya selama dua hari, 6 - 7 Oktober.

"TNI mengajak masyarakat Indonesia yang berada di Surabaya dan sekitarnya guna menyaksikan pameran alutsista," ujar Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, saat membuka pameran yang berlangsung di Dermaga Madura Komando Armada II Surabaya, Sabtu.

Turut hadir dalam pembukaan itu Panglima Komando Daerah Militer V/ Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman dan Komandan Lapangan Udara Surabaya Kolonel Pnb Budi Ramelan.

Didik mengatakan pameran alutsista ini diselenggarakan oleh tiga matra, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

"Pameran ini merupakan momentum penting bagi TNI untuk menunjukkan peningkatan kemampuan dan modernisasi alutsista, serta merupakan bentuk transparansi dari pertanggungjawaban TNI atas kepercayaan dan tugas yang diberikan rakyat dan negara Indonesia," katanya.

Dia mengungkapkan TNI yang kuat, hebat dan profesional tidak akan tercapai tanpa dukungan dari rakyat.

Dalam pameran ini masyarakat bisa melakukan foto bersama prajurit dan alutsista TNI yang ditampilkan. Di antaranya terdapat kapal layar latih legendaris TNI Angkatan Laut, yaitu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci, selain kapal perang kelas SIGMA yang pernah bertugas dalam misi perdamaian dunia di Lebanon.

TNI Angkatan Darat dalam pameran ini menampilkan sejumlah kendaraan termpuarnya, seperti MBT Leopard, MLRS Astros, Tank Scorpion, Tank Stromer, Tank Transporter, Panser Anoa 6 x 6 APC, Panser Intai 4 x 4, Rudal MMS, dan Rudal LML. Sedangkan TNI Angkatan Udara menampilkan miniatur pesawat udara, "Korpaskhas" dan olahraga dirgantara. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018