Surabaya (Antaranews Jatim) - Puluhan anak muda belajar mengenal teknik fotografi di sela "Indonesia Business and Development" (IBD) Expo 2018 yang diselenggarakan di Convex Grand City Surabaya, Kamis.

"Pelatihan fokusnya untuk mengenalkan kepada mereka teknik fotografi menggunakan kamera DSLR maupun ponsel," ujar pemateri, Zabur Karuru, di sela pelatihan.

Menurut dia, di zaman digital seperti sekarang ini sangat diperlukan pemanfaatan alat-alat teknologi untuk menunjang keperluan sehari-hari, termasuk mengambil gambar dari ponsel.

Sebab, kata dia, jika tidak mengetahui teknik dan cara pengambilan gambar maka hasil yang didapat tidak akan memuaskan, terlebih tidak menguasai alat.

"Di sini kami menjelaskan detil mulai cara penggunaan, pemanfaatan hingga hasilnya," ucap koordinator Antara Foto Biro Jatim tersebut.

Pada kesempatan tersebut, pelatihan yang diselenggarakan LKBN Antara itu tak hanya dilakukan secara teori, tapi juga praktik mengambil gambar, baik menggunakan kamera DSLR maupun ponsel.

Selain itu, peserta pelatihan juga diberi kesempatan memotret, bahkan hasil terbaik mendapat sejumlah hadiah menarik.

"Hasil pengambilan gambar dari para peserta sudah memuaskan, tapi ada juga yang masih baru mengenal," kata fotografer Antara yang beberapa kali menjuarai kompetisi fotografi tersebut.

Sementara itu, salah seorang peserta, Adam, mengaku beruntung bisa mengikuti pelatihan fotografi di sela kegiatannya mengunjungi pameran, sebab materi yang didapat menambah ilmunya di bidang foto.

"Meski pelatihannya hanya sebentar, tapi sangat bermanfaat. Saya ikut ini juga untuk mendalami dunia fotografi," kata peserta asal Sidoarjo tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018