Malang (Antaranews Jatim) - Tiga mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muammadiyah Malang (UMM) sukses mengembangkan bisnisnya dengan brand minuman Kaw Kaw Thai Tea dengan omzet puluhan juga rupiah per bulan.
       
Ketiga mahasiswa itu adalah Ade Damar Kusuma, Galang Yudhamara dan M.. Andik Ikhsan Setiawan. Ketiganya tidak hanya sukses di bangku perkuliahan tetapi juga berhasil dalam dunia bisnis.
       
"Untuk merengkuh hasil dalam bisnis yang kami geluti ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kami pernah mencoba bisnis minuman jus buah, namun mengalami kegagalan karena faktor perubahan musim yang tidak terprediksi, usaha kami rugi bahkan belum sempat berkembang," kata Ade Damar Kusuma di Malang, Jawa Timur, Selasa.
       
Ia menerangkan tahun lalu, ia dan kedua rekannya mencoba jus buah, namun mengalami kegagalan. Memasuki bulan Oktober dan waktu itu musim penghujan, buah-buahan cepat busuk sehingga ia banting stir mencari usaha yang lain.
       
Ketiganya tidak patah arang meski mengalami kegagalan. Selanjutnya ketiga mahasiswa ini pun mencari peruntungan dengan menjajal jenis minuman yang berbeda. Melihat tren yang sedang berkembang adalah Thai Tea, ketiganya lalu mencoba untuk membuat racikan yang khas. Kurang lebih selama satu bulan, Andik melakukan riset pada bahan-bahan yang digunakan.
       
Ade mengaku tidak jarang mereka gagal menemukan resep, bahkan terjadi hingga berulang kali. Tidak patah arang, setelah kurang lebih sebulan mencari komposisi yang pas, ketiganya lalu sepakat untuk membuka kios Kaw Kaw Thai Tea.
       
"Waktu itu masih hits Thai Tea. Kita juga lihat bahan bakunya tidak cepat busuk. Selain itu, juga belum banyak yang menjual di jalanan. Thai Tea kebanyakan di  mal. Makanya kami coba jual di tempat-tempat strategis di jalanan," tuturnya.
       
Telaten terus mengembangkan usahanya, minuman yang dibandrol dengan harga berkisar Rp10.000-Rp 12.000 per cup itu, saat ini telah memiliki 30 cabang, 10 diantaranya milik sendiri dan 20 lainnya dikelola pihak lain melalui sistem franchise. Puluhan cabang tersebut tersebar di berbagai kota seperti Malang, Ngawi dan Probolinggo.
       
Tidak tanggung-tanggung, minuman yang menyediakan empat varian rasa, yakni original, original Milo, green tea dan green Milo ini setiap bulannya mampu mengumpulkan omzet hingga Rp 65 juta. "Keunggulan bisnis kami terletak pada produk yang lebih kental, hadir dengan harga mahasiswa dan dijual di jalanan," ujarnya.
       
Ketiga mahasiswa itu tidak hanya lihai mengembangkan usaha, mereka juga menjadi bukti bahwa bisnis bukan pembatas prestasi. Sebab, perkuliahan tidak pernah ada kendala, bahkan Andik yang baru saja menyelesaikan kuliahnya menjadi salah satu mahasiswa terbaik di jurusannya.
      
"Andik dapat cumlaude IPK terbaik. Saya dan Galang juga akan menyusul insyaallah tepat waktu," punkas Ade.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018