Malang (Antaranews Jatim) - Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa dirinya bersama dengan Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto berkomitmen pada pemerintan yang bersih, dalam upaya mempercepat pembangunan di Indonesia.

"Soal korupsi, kedepannya kita harus punya pakta atau komitmen bahwa untuk mempercepat pembangunan nasional itu harus dengan pemerintahan yang bersih," kata Sandiaga dalam kegiatan "Ngopi Politik " Caleg Partai Koalisi Kota Malang, di Kopilogi, Malang, Jawa Timur, Rabu.

Sandiaga menambahkan, terkait dengan kasus dugaan korupsi yang menjerat sebanyak 41 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang, diperlukan integritas tinggi dari masing-masing pribadi supaya tidak ada lagi permasalahan korupsi yang menggerogoti bangsa Indonesia.

"Kita harus mengedepankan nilai-nilai luhur bangsa kita, yaitu integritas," ujar Sandiaga.

Saat itu, dari total 45 anggota DPRD Kota Malang, sebanyak 41 anggota yang telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Para wakil rakyat tersebut dinyatakan sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana korupsi menerima hadiah terkait fungsi dan kewenangan anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019.

Dari total jumlah tersangka itu, sebanyak 22 anggota DPRD Kota Malang ditetapkan menjadi tersangka, pada tahap ketiga. Sebelumnya, pada tahap pertama ditetapkan dua orang tersangka, dan menyusul 18 tersangka pada tahap kedua.

Dengan ditetapkannya para tersangka tersebut oleh KPK, hanya tersisa lima anggota DPRD Kota Malang. Sehingga, dalam beberapa waktu yang lalu, pemerintahan di Kota Malang mandek, karena DPRD Kota Malang tidak bisa dinyatakan memenuhi jumlah kuorum dalam Sidang Paripurna.

Berdasar dari pengalaman pahit yang mengguncang pemerintahan Kota Malang tersebut, kaum muda milenial Kota Malang menggagas ide gerakan #MalangDariNol. Gerakan tersebut berupaya untuk menata Kota Malang dari nol, dan merawat apa yang sudah dikelola dengan baik.

"Kita senang melihat ada hastag Malang Dari Nol. Kita memulai sesuatu yang baru, dengan lembaran baru. Kita ingin semangat dari Kota Malang ini untuk seluruh Indonesia," ujar Sandiaga.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018