Misano Adriatico (Antaranews Jatim) - Pebalap Italia Andrea Dovizioso memenangi Grand Prix San Marino untuk Ducati pada Minggu, sedangkan pemuncak klasemen kejuaraan dunia Marc Marquez finis di urutan kedua untuk memperbesar keunggulannya di klasemen menjadi 67 poin.

Favorit tuan rumah Valentino Rossi hanya mampu menghuni posisi ketujuh untuk Yamaha dan kehilangan peringkat keduanya di klasemen yang direbut Dovizioso, yang kini memiliki 154 poin berbanding 221 poin milik pebalap Spanyol Marquez dengan enam balapan tersisa. Rossi memiliki 151 poin.

Pebalap Ducati Jorge Lorenzo, yang start dari posisi terdepan di Sirkuit Marco Simoncelli di pesisir Adriatic Italia, terjatuh pada satu lap sebelum lap terakhir saat mengejar finis satu-dua untuk Ducati.

Hal itu membawa pebalap Britania Cal Crutchlow, yang balapannya di kandang sendiri di Silverstone bulan lalu dibatalkan karena hujan deras dan masalah drainase, naik ke posisi ketiga sebagai pemimpin "finisher" tim non pabrikan dengan timnya LCR Honda.

"Kami melakukan semuanya dengan sempurna," kata Dovizioso, yang memulai balapan dari posisi keempat dan memimpin setelah enam lap. Marjin kemenangannya adalah 2,822 detik.

"Itulah satu-satunya cara untuk menang pada hari ini karena Jorge sangat kuat dan mengalahkan Marc sangat sulit," tambah pebalap Italia tersebut.

Ini merupakan kemenangan pertama Dovizioso di Misano dan kemenangan ketiganya musim ini, serta kemenangan beruntun ketiga untuk timnya. Lorenzo meraih kemenangan di Austria, sedangkan sebelumnya rekan setimnya meraih kesuksesan di Republik Ceko.

Lorenzo dan Marquez bertarung ketat untuk posisi kedua sambil menempel Dovizioso, namun hal itu berakhir ketika sang pebalap pengisi "pole position" tergelincir pada tikungan kedelapan.

 "Ini begitu sulit," kata Marquez. "Ketika saya melihat bahwa Dovi begitu kuat pada hari ini, target saya adalah finis di urutan kedua dan hanya untuk kalah lima poin."

"Saya kecewa Jorge terjatuh namun kami berdua bersaing begitu ketat karena Dovi berada di depan."

Pebalap Australia Jack Miller, yang berada di posisi kedua saat start untuk tim non pabrikan Pramac Ducati, juga terjatuh pada awal balapan saat menghuni posisi keempat.

Pewarta: Supervisor

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018