Surabaya (Antaranews Jatim) - The PepsiCo Foundation perpanjangan tangan filantropis dari salah satu perusahaan makanan dan minuman memberikan bantuan sebesar 125 ribu Dollar Amerika atau sekitar Rp1,8 miliar kepada Yayasan IDEP, sebuah organisasi non-pemerintah untuk membantu korban gempa bumi di Lombok NTB.

Ade Andreawan selaku Direktur Eksekutif Yayasan IDEP dalam  keterangan tertulisnya, Sabtu mengatakan, pihaknya telah berada di Lombok membantu warga sipil sejak gempa pertama, dan dengan cepat mewujudkan dana sumbangan ke dalam bantuan nyata.

"Sumbangan dari PepsiCo Foundation membantu Yayasan IDEP mendistribusikan keranjang bantuan keluarga yang berisi makanan bergizi, kopi, peralatan dapur, matras, selimut, wadah air, produk-produk saniter, obat tradisional, dan kotak berisi mainan untuk membantu lebih dari 1.000 keluarga di Lombok," katanya.

Ia mengemukakan, saat ini jumlah pengungsi mencapai 390.529 jiwa dimana para pengungsi masih memerlukan sarana air bersih, makanan, dan dapur umum yang layak.

"Sebagai LSM di lapangan, kami melihat langsung sumbangan perusahaan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat setempat yang terkena dampak bencana ini," katanya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada PepsiCo Foundation dan karyawan PepsiCo atas kepedulian dan sumbangsihnya.

"Sehingga memungkinkan kami untuk dapat memberikan bantuan secara nyata kepada keluarga-keluarga yang harus mengungsi dari rumah mereka," katanya.

Menurut BNPB bencana ini menyebabkan kerusakan terhadap 76.765 unit rumah dan 1.229 unit fasilitas umum dan rumah ibadah.

Selain pemberian hibah tersebut, karyawan PepsiCo setempat juga mengumpulkan lebih dari 2.550 Dollar Amerika atau sekitar Rp37,3 juta serta barang-barang penting seperti pakaian, selimut, dan makanan yang tidak mudah rusak untuk mendukung upaya bantuan Yayasan IDEP.

"Lombok adalah tempat yang istimewa bagi banyak karyawan kami baik sebagai destinasi wisata maupun tempat tinggal orang-orang tercinta," kata Anuj Chadha selaku General Manager PepsiCo Indonesia.

Ia berharap, kontribusi yang diberikan dapat membantu masyarakat untuk pulih dan berkembang kembali secepatnya.

"Sebagai orang Indonesia, saya bangga menjadi bagian dari PepsiCo karena perusahaan ini terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia," kata Tenne Gunawan, Manajer Pemasaran Senior PepsiCo Indonesia.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018