Surabaya (Antaranews Jatim) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya membatasi mobil atau kendaraan penjemput bagi jamaah haji yang telah tiba di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

"PPIH Debarkasi Surabaya hanya memberikan izin penjemputan jamaah haji di Asrama Haji Surabaya menggunakan kendaraan massal," ujar Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya Jamal kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Dia mengatakan penjemputan menggunakan kendaraan massal ke dalam lingkungan Asrama Haji Sukolilo Surabaya biasanya difasilitasi oleh masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang diikuti oleh tiap jamaah.

"Untuk yang dijemput secara massal, kami imbau untuk menggunakan kendaraan massal seperti bus, itu bisa langsung masuk ke dalam lingkungan Asrama Haji Sukolilo Surabaya," katanya.

Sedangkan bagi jamaah haji non KBIH, Jamal mengataan, penjemputan bisa dilakukan oleh masing-masing mobil penjemput di tempat parkir yang berada di luar lingkungan Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

"Koper jamaah haji non KBIH ini bisa dibawakan dari dalam lingkungan Asrama Haji Sukolilo Surabaya menuju ke tempat parkir oleh jasa angkut," ucapnya.

Mobil pribadi untuk penjemputan, Jamal menandaskan, hanya diperkenankan masuk ke dalam lingkungan Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk kepentingan emergensi dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak keamanan atau PPIH Debarkasi Surabaya.

"Pengaturan penjemputan jamaah haji ini merupakan prosedur tetap atau protap keamanan Debarkasi Surabaya agar aman dan tidak terjadi kekacauan," ujarnya.

Kedatangan jamaah haji Debarkasi Surabaya akan berlangsung mulai Selasa dini hari, 28 Agustus.

Menurut Jamal, sepanjang hari pada Selasa besok, terdapat 3 kloter jamaah haji yang akan tiba di Debarkasi Surabaya.

Dia merinci, selain kloter 1, asal Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang akan mendarat di Bandara Juanda pukul 01.00 WIB, terdapat kloter 2 asal Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, yang akan mendarat pukul 04.30 WIB, serta kloter 3 asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang dijadwalkan mendarat pukul 05.10 WIB.

"Sepanjang hari Selasa besok, kita sudah siap menerima kedatangan 3 kloter jamaah haji," katanya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018