Situbondo (Antaranews Jatim) - Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menjelang Hari Raya Idul Adha 2018 melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pengepul atau pedagang hewan ternak kurban dan ditemukan puluhan ekor kambing terjangkit penyakit mata.

"Jelang Hari Raya Kurban memang menjadi kegiatan rutin Disnak Keswan sidak dan melakukan pemeriksaan hewan kurban di tempat pedagang maupun pengepul yang ada di Situbondo," ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Situbondo, Sulistiani di sela melakukan pemeriksaan hewan di Situbondo, Kamis.

Dalam inspeksi mendadak hewan kurban ini, lanjut dia, petugas menemukan puluhan ekor kambing yang terjangkit penyakit mata merah (sakit mata) dan sehingga petugas mengambil tindakan dengan memberikan obat salep mata serta meminta pedagang rutin memberikan vitamin untuk ternaknya.

Sidak di beberapa tempat pengepul dan pedagang hewan kurban seperti kambing, domba maupun ternak sapi, katanya, dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat mengonsumsi daging kambing dan domba serta daging sapi yang dibeli dari para pedagang.

"Dari puluhan kambing berpenyakit mata itu langsung kami berikan obat mata dan selanjutnya kami juga memberikan obat mata kepada pengepul maupun pedagang hewan kurban agar mengobati ternaknya," paparnya.

Sulistiani mengimbau kepada pengepul dan pedagang hewan kurban (kambing dan sapi) agar memisahkan kambing yang berpenyakit mata merah dari kambing-kambing lainnya agar tidak menular.

Dari pantauan, sejak dua pekan terakhir menjelang Hari Raya Idul Adha 2018 terus melakukan sidak ke tempat pengepul dan pedagang hewan kurban, dan selain sidak petugas juga mengimbau seluruh pedagang agar tidak menjual ternaknya yang sedang sakit. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018