Jember (Antaranews Jatim) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Jember memberikan tarif "Promo Merdeka" untuk KA Mutiara Timur relasi Banyuwangi-Surabaya dalam rangka memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia.

 "Program tersebut memberikan tarif spesial untuk kereta api komersial kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi jarak jauh dan menengah. Khusus di Daop 9 hanya KA Mutiara Timur yang mendapatkan tarif spesial promo merdeka," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin.

Menurutnya tarif promo tersebut diberikan selama tujuh hari yakni mulai keberangkatan pada tanggal 13 Agustus hingga 30 Agustus 2018, sehingga tiket bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access pada 12 Agustus 2018.

"Pemesanan atau pembelian tiket promo dapat dilakukan mulai tanggal 12 Agustus 2018 melalui aplikasi KAI Access yang tersedia di smartphone yang berbasis Android atau iOS selama persediaan masih ada," tuturnya.

Ia menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh calon penumpang kereta yakni tiket Promo Merdeka itu dapat dibatalkan dan diubah jadwal, namun tiket promo tersebut tidak dapat digabung dengan program reduksi atau diskon lainnya.

Tarif Promo Merdeka tidak berlaku parsial, misalnya tiket promo KA Argo Bromo Anggrek dengan tarif Rp73.000 untuk relasi terpanjang yakni Stasiun Pasarturi Surabaya menuju Stasiun Gambir Jakarta, namun jika penumpang hendak turun di stasiun yang lebih dekat maka tarifnya tetap sama yakni Rp73.000.

"Program promo itu merupakan bentuk apresiasi KAI terhadap pelanggan setia kereta api. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan promo tersebut untuk bepergian menggunakan moda transportasi KA," katanya.

Secara keseluruhan, lanjut dia, KAI menyediakan 1.708 kursi untuk tarif Promo Merdeka per hari, sehingga selama tujuh hari tempo promo, PT KAI menyediakan total sebanyak 11.956 kursi dengan tarif spesial.

Sementara salah seorang penumpang Munaji mengaku senang dengan tarif "Promo Merdeka" tersebut karena kebetulan keluarganya juga akan bepergiaan saat libur 17 Agustus 2018 ke Surabaya.

"Mudah-mudahan tiket promonya masih ada, sehingga kami sekeluarga bisa mendapatkan tiket murah dengan perjalanan KA Mutiara Timur dari Stasiun Jember menuju Stasiun Gubeng Surabaya," ujarnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018