Trenggalek (Antaranews Jatim) - Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak berjanji tidak akan pernah melupakan komitmennya membangun dan memajukan Trenggalek, daerah yang dipimpinnya sejak 2015 hingga saat ini, meski tahun depan ia sudah "naik kasta" sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Secara resmi saya akan menyelesaikan tugas sampai tahun 2019, di mana sampai habisnya masa jabatan Gubernur Jawa Timur pada Februari 2019. Saya akan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya sebagai Bupati Trenggalek sampai tahun ke empat pemerintahan," kata Bupati Emil dikutip dari laman resmi Humas Pemkab Trenggalek, Selasa.

Kalimat tersebut merupakan isi pidato Emil saat memberi sambutan sebagai kepala daerah (bupati) di forum pekan seni dan budaya nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Dengan membawa delegasi penari dengan kesenian unggulan Jaranan Turangga Yaksa, Emil menyempatkan berpidato menyampaikan pesan politik dalam hal komitmennya meneruskan pembangunan Trenggalek dan kawasan selatan.

Emil menyampaikan bahwa dirinya mendapat amanah baru, dipercaya masyarakat untuk turut membangun Trenggalek melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Insya Allah, kalau kawasan selatan (Jatim) maju maka gerbang utama di wilayah selatan, khususnya daerah Mataraman tidak lain dan tidak bukan berada di Kabupaten Trenggalek," ucap Emil Dardak.

Ia katakan bahwa pidato di forum pekan seni-budaya di TMII merupakan yang terakhir dalam kapasitasnya sebagai Bupati Trenggalek.

"Tapi saya berharap saya masih diperkenankan hadir pada acara seperti ini sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur," ucapnya.

Menurutnya, banyak yang perlu dilakukan untuk Trenggalek, mulai dari memperkenalkan produk-produk untuknya, kesempatan-kesempatan magang maupun menuntut ilmu bagi putra putri asal Trenggalek, juga potensi wisata yang terus dipromosikan.

"Dengan potensi sedemikian besar kami menaruh harapan besar kepada seluruh keluarga asal Trenggalek di perantauan untuk bisa menyambut kegigihan masyarakat Trenggalek baik di kota maupun pedesaan, di gunung maupun di pesisir untuk terus didorong untuk mewujudkan Kabupaten Trenggalek lebih maju," tutur Emil.

Pada kesempatan tersebut, Emil juga memohon doa kepada masyarakat Trenggalek di manapun berada untuk memenuhi undangan mantan Wali Kota New York, Amerika Serikat, Michael Bloomberg yang merupakan pemilik media besar Bloomberg dan bekerja sama dengan Harvard University.

Bupati Emil Dardak memenuhi undangan mewakili Kabupaten Trenggalek, dan menjadi salah satu dari empat puluh kepala daerah/wali kota untuk mengadakan kerja sama dengan Harvard Bloomberg City Leadership Innisiative.

"Melalui inisiatif ini, maka Harvard akan mendampingi selama setahun daerah-daerah untuk di `up-grade` oleh senior-seniornya dan dikolaborasikan dengan 40 daerah se-dunia yang dipilih oleh Harvard University dengan pembiayaan oleh yayasan Bloomberg," paparnya.

Dikatakan, dari 40 kota se-dunia tersebut hanya Kabupaten Trenggalek yang berkesempatan mewakili Indonesia, bahkan satu-satunya yang mewakili Asia.

"Semoga ini awal Trenggalek menjadi mitra pertama bagi Asia, di Harvard University dan Bloomberg publish," kata Emil. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018