Gresik (Antaranews Jatim) - Kesebelasan Filipina menang atas Singapura dengan skor 2-1 pada laga kedua Piala AFF U-19 yang berlangsung di Gelora Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Minggu petang.

Kedua gol Filipina diborong sang kapten kesebelasan Fidel Victor Palogan Tacardon menit 19 dan 94, sedangkan gol tunggal Singapura dicetak Muhammad Syahadat Masnawi pada menit 78.

Pada babak pertama, Filipina bermain menguasai pertandingan dan beberapa kali menciptakan peluang, namun permainan keras Singapura mampu menahan gempuran pemain depan Filipina.

Memasuki menit ke 19, pemain tengah Filipina berusaha melakukan umpan terobosan ke gawang lawan, dan disambut Fidel Victor Palogan Tacardon yang membuahkan gol, skor 1-0 untuk Filipina dan bertahan hingga turun minum.

Tertinggal satu gol, membuat Pelatih Singapura Pob Johannes Maria Servais mengubah taktik permainanya dengan menggantikan tiga pemainnya dengan pemain baru.

Perubahan ini membuahkan hasil, ketika Muhammad Syahadat Masnawi mampu memanfaatkan peluang bola liar di mulut gawang Filipina, dan gol yang membuat skor kedua tim sama 1-1.

Hasil imbang ini bertahan cukup lama hingga menit-menit akhir babak kedua. Di empat menit tambahan Fidel Victor Palogan Tacardon mampu membuat negaranya unggul atas Singapura, dan skor 2-1 menutup laga kedua tim.

Hasil ini, sekaligus membuat Filipina untuk sementara memimpin klasemen grup A dengan nilai 3, unggul dari Tim Nasional U-19 yang sama-sama mengantongi nilai 3, namun masih unggul selisih gol.

Pelatih Filipina, Hirata Reiji mengaku puas dengan hasil kemenangan atas Singapura, karena kerja keras pemain membuat permainan tim menjadi bagus.

"Permainan kami sangat bagus, itulah yang membuat kami menang. Kami kerja keras dan memberikan segalanya yang terbaik, dan inilah hasil yang baik, atas kerja sama," kata Hirata, usai laga kepada wartawan.

Sementara itu Pelatih Singapura, Pob Johannes Maria Servais sangat kecewa dengan permainan anak asuhnya, apalagi kebobolan di menit akhir.

"Tapi itulah permainan, selalu ada kejutan di setiap menitnya. Dan kami berharap bisa bermain lebih baik untuk laga selanjutnya," katanya.

Klasemen Sementara Grup A
1. Filipina 1-1-0-0 2-1 : 3
2. Indonesia 1-1-0-0 1-0 : 3
3. Vietnam 1-0-1-0 0-0 : 1
4. Thailand 1-0-1-0 0-0 : 1
5. Laos 1-0-0-1 0-1 : 0
6. Singapura 1-0-0-1 1-2 : 0
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018