Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Sejumlah pedagang di Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan harga beras kualitas premium stabil berkisar Rp8.500-Rp9.500/kilogram tidak terpengaruh panen tanaman padi musim tanam (MT) II kemarau.

"Harga berbagai macam jenis beras tidak ada perubahan tetap stabil. Justru setelah lebaran omzet penjualan berbagai jenis beras menurun," kata seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro Ny. Anik, di Bojonegoro, Kamis.

Menurut dia, menurunnya omzet penjualan berbagai macam jenis beras disebabkan banyaknya beras zakat fitrah yang beredar di masyarakat.

Bahkan, lanjut dia, biasanya beras zakat fitrah banyak yang dijual kembali masyarakat ke pedagang beras."Untuk lebaran tahun ini saya belum membeli beras zakat fitrah dari masyarakat," ujarnya.

Hal senada disampaikan pedagang beras lainnya Ny. Indah dan Kharis yang menyebutkan omzet penjualan berbagai macam jenis beras menurun berkisar 40-50 persen dalam beberapa hari terkakhir.

Kharis memberikan gambaran bahwa omzet penjualan berbagai macam jenis beras yang biasanya bisa mencapai rata-rata 4 ton per hari, berkurang menjadi hanya sekitar 2 ton per hari.

"Tapi kemungkinan omzet beras akan stabil sekitar dua pekan lagi," ucapnya menegaskan.

Yang jelas, menurut dia, di sejumlah desa di Kecamatan Kota, Kapas, juga kecamatan lainnya sekarang ini ada panen tanaman padi MT II.

"Panen tanaman padi sudah sekitar 60 persen termasuk tanaman padi yang memperoleh irigasi dari Waduk Pacal di sejumlah kecamatan," kata dia menjelaskan.

Namun, menurut dia, panen tanaman padi di daerahnya juga di Tuban tidak mempengaruhi harga beras, sebab kualitas beras tanaman padi panenan baru cukup bagus.

"Kualitas beras panenan tanaman padi baru bagus," ucap Kharis dibenarkan Ny. Anik.

Data di Pasar Banjarjo dan Pasar Kota menyebutkan harga beras panenan tanaman padi baru berkisar Rp8.500-Rp9.000/kilogram."Harga pembelian beras panenan tanaman padi baru di pedagang berkisar Rp8.300-Rp8.500/kilogram," ucap Ny. Anik.

Harga beras paket merek Rojo Lele dan Mawar masing-masing Rp8.800/kilogram, Terate Rp11.300/kilogram, Mahkota Rp11.100/kilogram, Bekisar Rp10.600/kilogram dan beras Jawa Rp25.000/kilogram. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018