Jember (Antaranews Jatim) - Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, meningkat selama libur Lebaran 2018.

"Hari ini kemungkinan puncak kunjungan wisatawan di Pantai Papuma pada libur Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah," kata Senior Duty Manager Wisata Tanjung Papuma Suharno di Jember, Minggu.

"Peningkatan kunjungan wisatawan sudah terjadi sejak Sabtu (16/6) dengan jumlah pengunjung sebanyak 2.500 orang, sedangkan pada hari Lebaran atau Jumat (15/6) tercatat kunjungan wisatawan sekitar 700 orang saja," tuturnya.

Jumlah kunjungan wisatawan pada Lebaran tahun 2018 menurun dibandingkan pada Lebaran 2017 yang tercatat sekitar 4.000 lebih wisatawan setiap harinya, namun Pantai Papuma masih tetap menjadi destinasi wisata favorit di Kabupaten Jember.

"Kendati demikian, kunjungan wisatawan selama libur Lebaran tetap dibandingkan liburan akhir pekan atau libur panjang dengan jumlah pengunjung sekitar 1.500 orang per hari, sedangkan pada hari normal Senin-Jumat rata-rata ratusan pengunjung," katanya.

Menurutnya pihak pengelola terus memperbaiki fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang objek wisata pantai laut selatan yang berada di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember tersebut.

"Kami memiliki wahana baru di Pantai Papuma yakni 'selfi deck' di Siti Hinggil yakni spot swafoto yang menarik, sehingga wisatawan dibuat senyaman mungkin untuk melihat keindahan Samudera Hindia dari bukit Siti Inggil," ujarnya.

Sementara salah seorang wisatawan asal Surabaya Puspita mengaku senang berkunjung ke Pantai Papuma Jember karena keindahannya yang sangat menawan dan suasananya masih sangat sejuk dibandingkan pantai lainnya.

"Setiap tahun saya selalu berkunjung ke rumah saudara di Jember saat libur Lebaran dan tidak pernah absen untuk mengunjungi Pantai Papuma Jember yang kini terus bersolek untuk menyambut wisatawan," katanya.

Ibu dua anak tersebut mengaku tidak pernah bosan mengajak keluarga besarnya untuk singgah di Pantai Papuma setiap libur Lebaran, meski terkadang terjebak macet yang luar biasa menuju kawasan wisata tersebut.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018