Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Asosiasi Jagal/Pedagang Sapi Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan harga daging sapi di daerah setempat masih stabil sekitar Rp100.000/kilogram, karena tidak ada peningkatan permintaan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Harga daging sapi di jagal sapi masih stabil Rp100.000/kilogram, bahkan pagi tadi saya juga menjual daging sapi kualitas bagus dengan harga Rp97.500/kilogram," kata Ketua Asosiasi Jagal/Pedagang Sapi Bojonegoro Mukayan di Bojonegoro, Kamis.

Namun, ia tidak bisa menjamin harga daging sapi di tingkat pengecer, apalagi pedagang "rekek", bisa stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kalau pedagang daging sapi eceran sekarang sudah naik, bisa lebih dari Rp120.000/kilogram," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Pedagang Daging Sapi di Pasar Kota, Bojonegoro Agus Suhariyanto yang menyatakan kalau memang permintaan daging sapi meningkat kemungkinan baru harga akan naik.

Tapi, Mukayan, juga Agus mengaku belum tahu pasti besarnya kenaikan harga daging sapi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Ya belum tahu saya besaran kenaikannnya. Kalau sekarang omzet saya tetap stabil satu ekor sapi dengan berat rata-ratasekitar 1,5 kuintal," ujar Agus, menegaskan.

Hal senada juga disampaikan pedagang daging sapi lainnya Ny. Anis Masruroh dan Ny. Siti Muasmah, yang mengaku penjualannya tetap stabil satu ekor sapi dengan berat berkisar 2,3 kuintal-2,5 kuintal per harinya.

"Saya menjual daging sapi selain di Pasar Kota, juga Pasar Sumberrejo di Kecamatan Sumberrejo," ucap Ny. Anis, menambahkan.

Terkait harga sapi, menurut Ny. Anis Masruroh, tidak ada kenaikan, juga memperoleh sapi yang bisa dipotong juga tidak sulit.

"Saya bisa dengan rutin memperoleh sapi dari pedagang sapi," ucap Ny. Siti Muasmah.

Seorang pedagang sapi di Bojonegoro Agung Wahono membenarkan harga sapi hidup di tingkat pedagang tetap stabil tidak ada kenaikan.

Tapi, ia memperkirakan harga karkas akan naik yang sekarang Rp43.500/kilogram menjadi sekitar Rp45.000/kilogram.

"Biasanya harga daging sapi naik sepekan sebelum lebaran," imbuhnya. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018