Sarajevo (Antara/Reuters) - Sarajevo berharap menjadi tuan rumah balapan Formula E tahun depan setelah proposal walikota ibukota Bosnia itu mendapat dukungan suara bulat oleh dewan kota pada Rabu.
 
Dewan kota perlu menyetujui pendanaan sebesar 100.000 euro (116.040 dolar AS) untuk studi kelayakan dengan penyelenggara seri balapan berbasis serba listrik kota.

Tidak ada komentar langsung dari Formula E.

Formula E telah mengumumkan bahwa putaran pembukaan musim 2018-2019 akan diadakan di kota Saudi Arabia Riyadh, dan sedang dalam diskusi dengan sejumlah lokasi yang dirahasiakan.

Kalender musim seluruhnya akan diterbitkan pada bulan Juni.

Walikota Abdulah Skaka mengatakan akan membawa balapan ke Sarajevo, yang nasibnya menjadi identik dengan pengepungan selama 44 bulan oleh pasukan Serbia Bosnia selama perang Bosnia pada 1990-an, akan meningkatkan pariwisata dan ekonomi.

Hampir 500.000 pengunjung internasional dan lokal datang ke wilayah Sarajevo tahun lalu, naik 22 persen dari 2016, menurut pemerintah kota.

Meskipun memiliki beberapa wilayah hijau terbesar di wilayah ini, Sarajevo terletak di lembah yang dikelilingi oleh pegunungan tinggi dan terkenal rentan berkabut.

Lalu lintas padat, perencanaan tata ruang yang buruk dan pemanasan berbasis bahan bakar padat sebagian besar harus disalahkan atas kualitas udara yang buruk. 

Formula E adalah balapan mobil yang menggunakan listrik sebagai bahan bakar motor untuk balapan. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018