Pamekasan (Antaranews Jatim) - Sebanyak 107 dari total 700.173 lembar surat suara yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Jawa Timur untuk pilkada serentak yang akan digelar 2018 rusak.

"Temuan sebanyak 107 lembar surat suara yang rusak ini setelah KPU Pamekasan melakukan pemilahan dan pelipatan surat suara," ujar Komisioner Divisi Keuangan dan Logistik KPU Pamekasan Moh Syamsul Muarif di Pamekasan, Minggu malam.

Jumlah tersebut meliputi sebanyak 14 lembar surat suara pilbup Pamekasan, serta sebanyak 93 lembar surat suara pilgub Jatim.

Lembaran surat suara itu meliputi, kertas kusut, warna memudar atau bahkan ada sobek, sehingga tidak bisa digunakan pada pelaksanaan pemungutan suara yang akan digelar 27 Juni 2018 nanti.

Hanya saja jumlah kerusakan tersebut tidak menjadi kendala berarti, sebab terdapat surat suara cadangan yang memang disiapkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

Termasuk, sambung dia, di antaranya jika terdapat surat suara rusak dan lainnya.

"Surat suara cadangan disiapkan 2,5 persen dari jumlah total surat suara," ujar Syamsul, menjelaskan.

Sebelumnya terdapat sebanyak 700.173 lembar surat suara pasangan calon bupati dan wakil bupati Pamekasan, serta sebanyak 698.173 lembar surat suara pasangan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang disiapkan untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar 27 Juni 2018.

Pilkada di Kabupaten Pamekasan diiukuti dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. Masing-masing pasangan Badrut Tamam dan Raja`e (Berbaur) serta pasangan calon KH Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholifah).

Kedua pasangan tersebut masing-masing didukung empat partai politik (parpol) berbeda, Berbaur diusung dan didukung PAN, Partai Gerindra, PKB dan PKS. Sedangkan paslon Kholifah didukung empat parpol lainnya, meliputi Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai NasDem dan PPP.

Sedangkan pelaksanaan Pilgub Jatim juga diikuti dua pasangan kandidat, masing-masing pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Listanto Dardak serta pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Soekarnoputri. Keduanya bakal bersaing memperebutkan posisi sebagai gubernur dan wakil gubernur Jatim periode 2018-2023.

Jumlah pemilih di Kabupaten Pamekasan untuk Pilkada 27 Juni 2018 itu sebanyak 680.392 orang sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2018.

Mereka itu terdiri dari sebanyak 382.430 DPT laki-laki dan sebanyak 351.962 DPT perempuan yang tersebar di 1.583 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018