Sampang (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Jawa Timur menerima sebanyak 803.499 suara untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar 27 Juni 2018.

Menurut Komisioner Divisi Logistik KPU Sampang Paidi, jumlah surat suara itu sesuai dengan jumlah yang diajukan KPU Sampang ke KPU Jatim, ditambah 2.000 lembah surat suara cadangan.

"Surat suara ini datang kemarin malam, dan mulai tadi sore hingga malam ini mulai dilakukan pemilhan," ujar Faidi di Sampang, Minggu malam.

Ia menjelaskan, pemilihan surat suara itu, akan berlangsung selama 1 minggu di Gedung Olahraga (GOR) Wijaya Kusuma Sampang.

"Pemilahan kita lakukan disana karena tempatnya sangat luas," ujar Paidi, menjelaskan.

Para pekerja yang direkrut melakukan pemilihan surat ini adalah warga yang tidak menjadi pengurus partai politik atau dari kelompok masyarakat independen.

Menurut Paidi, hal ini untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan.

"Dari hasil pemilihan ini nantinya akan diketahui apakah ada surat suara yang rusak atau tidak," katanya.

Pilkada di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur akan digelar di 1.450 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 180 desa dan 6 kelurahan yang tersebar di 14 kecamatan Kabupaten Sampang.

Pilkada di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ini akan diikuti tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sampang.

Ketiga pasangan calon itu adalah H Hisan dengan KH Abdullah Mansyur (Hisbullah), didukung Partai Demokrat enam kursi dan PAN tiga kursi atau total sembilan kursi.

Selanjutnya, pasangan calon Bupati Pamekasan H Slamet Junaidi-H Abdullah Hidayat (Jihad) didukung Partai Nasdem dua kursi, PKS 2 kursi, PDIP dua kursi, dan PPP tujuh kursi atau total 13 kursi.

Kemudian, Hermanto Subaidi dan Suparto didukung Partai Gerindra delapan kursi, dan PKB delapan kursi atau sebanyak 16 kursi.

Sementara itu, Daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur untuk pelaksanaan Pilkada 27 Juni 2018 sebanyak 803.499 orang yang terdiri atas 397.031 laki-laki dan 406.468 perempuan. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018