Malang (Antaranews Jatim) - Mobil Kamis Membaca atau "KaCa" yang digagas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melakukan perjalanan literasinya dengan mengedukasi warga pinggiran Kabupaten Malang, yakni di Desa Gading Kulon.

Mobil KaCa yang dimotori Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi UMM itu memilih TK Aisiyah Bustanul Athfal 23 Dau, Kabupaten Malang, sebagai lokasi belajar bersama dan nonton bareng dengan warga setempat, Minggu.

"Saat diberitahu kalau mobil ini (Mobil KaCa) mau ke wilayah ini, warga dan guru-guru sangat senang. Kehadiran Mobil KaCa di tengah anak-anak Dusun Princi Desa Gading Kulon Kecamatan Dau ini telah lama dinanti oleh warga," kata Ketua BEM Fakultas Psikologi yang mendampingi edukasi literasi tersebut, Bintang Sasmita Wicaksana di sela kegiatan literasi tersebut di Malang, Jawa Timur.

Agenda literasi dan edukasi tersebut cukup meriah. Kehadiran Mobil KaCa UMM langsung menjadi serbuan siswa TK dan beberapa anak serta warga di sekitar sekolah tersebut. Mereka tidak hanya sekedar nonton, mereka yang hadir juga diajak menelaah pesan moral yang ada pada film yang ditayangkan sembari menunggu waktu berbuka.

Dipilihnya film animasi seri "Pada Jaman Dahulu" menjadi daya tarik tersendiri bagi warga, bahkan mereka berharap Mobil KaCa akan kembali lagi dan mengedukasi warga melalui program-programnya, termasuk membudayakan membaca di kalangan masyarakat.

Sebelumnya, Mobil KaCa tersebut telah melakukan beberapa kegiatan yang tergabung dalam K-A-N-C-A-N-E, diantaranya Ayo Dolanan, Coto (Konco Cerito) Babad, Aku Jurnalis, dan EYL (English for Young Learners).

Ahmad Maulana, siswa Sekolah Dasar (SD) yang hadir saat kedatangan Mobil KaCa UMM mengaku sangat senang bisa menonton film bersama teman-teman bermain di lingkungan tempat tinggalnya. "Gak pernah ada kegiatan seperti ini, jadi kami senang sekali bisa lihat sama teman sekolah dan rumah," tuturnya.

Rangkaian agenda turunnya Mobil KaCa kali ini hasil kerja sama dengan BEM Fakultas Psikologi yang terangkum alam kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Psychology Social Project.

Kepala TK Aisiyah Bustanul Athfal Nuryati menyampaikan rasa senang dan harunya atas kehadiran Mobil KaCa tersebut di sekolah yang dipimpinnya itu. Menurut Nuryati, Mobil KaCa UMM menjadi angin segar bagi dusun yang terletak di lereng Gunung Butak ini untuk menanamkan minat baca pada anak-anak.

"Saya sangat senang karena UMM telah banyak membantu saya secara pribadi dan membantu membangun dusun ini melalui beberapa agenda pengabdian masyarakatnya," papar alumni mahasiswa Tarbiyah Fakultas Agama Islam UMM ini.(*)

 

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018