Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Sejumlah pedagang di Bojonegoro, Jawa Timur, menjual beras zakat fitrah dengan takaran 3 kilogram seharga Rp34.800/paket, karena menyesuaikan dengan dinas pendidikan yang menginstruksikan beras zakat fitrah 3 kilogram.

Seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro, Kharis, di Bojoneogoro, Kamis, menjelaskan, penjualan beras zakat fitrah 3 kilogram sudah dilakukan sejak Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

"Beras zakat fitrah seberat 3 kilogram mulai ada tahun lalu, berdasarkan instruksi dinas pendidikan ke sekolah-sekolah," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut dia, pedagang beras di Bojonegoro dan kabupaten tetangga, Tuban, kemudian membuat kemasan beras zakat fitrah seberat 3 kilogram.

Seorang pedagang beras di Bojonegoro Ny. Indah menjelaskan penjualan beras zakat fitrah kemasan 3 kilogram, dan 2,5 kilogram sudah laku sejak sebelum Puasa Ramadhan.

"Beras zakat fitrah yang laku jumlahnya ratusan paket. Pembelinya masyarakat biasa yang kemudian dibagikan kepada warga tidak mampu," ucap Ny. Indah dibenarkan Kharis.

Kharis menyebutkan dirinya memiliki stok beras zakat fitrah mencapai 10 ton, dan sekarang ini sudah terjual kurang lebih sekitar 2 ton.

Menurut Kharis, harga beras zakat fitrah tidak jauh berbeda dengan beras yang dijual bebas. Perbedaannya harga beras zakat fitrah dikemas 2,5 kilogram, dan 3 kilogram.

"Penjualan harga beras zakat fitrah akan meningkat kalau Puasa Ramadhan sudah masuk pertengahan," ujar Kharis.

Kalau sekarang ini, kata dia, pembeli beras zakat fitrah masih sebatas perseorangan, tapi kalau sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri pembelinya tidak hanya peseorangan tetapi juga lembaga instansi pemerintah dan swasta.

Data di Pasar Banjarjo dan Pasar Kota, menyebutkan beras merek Raja Lele kemasan 2,5 kilogram harganya Rp23.000/paket, berat 3 kilogram Rp27.500/paket, beras merek Terate 2,5 kilogram Rp29.000/paket dan 3 kilogram Rp34.800/paket, sedangan beras merek Kamboja 2,5 kilogram 25.500/paket.

Di dua pasar tradisional itu, sesuai data harga beras kualitas premium berkisar Rp8.500-Rp9.000/kilogram, harga beras rastra Rp7.300/kilogram.

"Kami juga melayani pembeli beras zakat fitrah yang hanya dikemas dengan plastik biasa dengan harga menyesuaikan dengan kualitas beras yang ada," ucap pedagang beras lainnya di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Aris menambahkan. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018