Jember (Antaranews Jatim) - Tim Satuan Petugas (Satgas) Pangan Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu, melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Tanjung untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pokok menjelang bulan Ramadhan 1439 Hijriah.

Tim Satgas Pangan yang melakukan inspeksi bahan pokok tersebut dari Pemkab Jember, Polres Jember, dan Bulog Subdivre XI Jember.

"Harga bahan pokok di Jember masih relatif stabil dan ketersediaan bahan pokok cukup aman di pasar tradisional Jember," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo di Pasar Tanjung Jember.

Menurutnya, lonjakan harga bahan pokok yang terjadi di pasar induk Jember tersebut dinilai masih wajar, namun upaya pengendalian harga bahan pokok tetap dilakukan tim Satgas Pangan yang dilakukan hingga pasar kecamatan.

"Kami akan memantau terus di lapangan, namun yang terpenting tidak ada penimbunan maupun permainan harga yang dilakukan para spekulan, sehingga tidak terjadi kenaikan harga bahan pokok yang signifikan di pasaran," tuturnya.

Harga beras medium IR 64 berkisar Rp9.000 hingga Rp10.000 per kilogram, telur ayam Rp24.500 per kilogram, harga daging sapi Rp110.000 per kilogram, bawang merah Rp40.000 per kilogram, dan bawang putih Rp18.000 per kilogram.

"Tim Satgas Pangan akan terus mengawasi harga dengan melakukan pemantauan secara rutin, ketersediaan bahan pokok, kestabilan harga menjelang Ramadhan hingga Lebaran nanti," katanya.

Sementara Sekretaris Kabupaten Jember Mirfano mengatakan pihaknya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan terus melakukan pemantauan harga bahan pokok dan inspeksi ke sejumlah pasar untuk memastikan ketersediaan pangan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Jember.

"Pemkab Jember juga akan melakukan kegiatan operasi pasar dan pemantauan harga bahan pokok di pasar kecamatan, sehingga diharapkan harga sembako tetap stabil dan ketersediaannya aman di Jember hingga Lebaran nanti," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018