Malang (Antaranews Jatim) - Bupati Malang meraih penghargaan dan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Bakti Praja Nugraha dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang diserahkan oleh Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla di Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Rabu.

Rendra Kresna menerima penghargaan tersebut bersama 10 kepala daerah yang berkinerja dalam pemerintahan sangat tinggi dari seluruh Indonesia. Satya Lancana Karya Bhakti Praja Nugraha diterima Bupati dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otoda) 2018.
      
Keberhasilan Rendra tersebut berdasarkan predikat kinerja terbaik dalam hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPMD).
      
"Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha ini diberikan pemerintah pusat kepada kepala daerah yang telah melakukan berbagai upaya untuk memajukan daerahnya dengan mengacu pada aturan-aturan yang ada," kata Rendra dalam psan WhatsApp yang diterima Antara di Malang, Jawa Timur.
      
Rendra mengemukakan penghargaan yang ia terima ini tidak terlepas dari kinerja dari semua unsur pemerintah daerah melalui EKPPD dari LPPMD, serta berbagai macam penilaian dari Kemendagri.
      
Sebagaimana yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, kata Rendra, ada 700 item penilaian yang diberikan sebelum daerah tersebut berhak mendapatkan penghargaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).
      
Ke-700 item itu selanjutnya dijadikan tolak ukur dalam melakukan penilaian yang dipimpin kepala daerah  tersebut, baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan nilai berkinerja sangat bagus.
      
"Tentunya, penghargaan ini menjadikan kita semua harus melakukan yang terbaik untuk masyarakat. Kita berharap terus bisa menaikkan peringkat Kabupaten Malang dan mempertahankan dalam 10 besar nasional," kata Rendra yang juga Ketua DPD Partai NasDem Jawa Timur tersebut.
      
Sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24/TK dan Nomor 25/TK Tahun 2018, Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, serta Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, kepada sejumlah daerah yang memiliki kinerja baik selama tiga tahun berturut-turut.
      
Tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha (kepala daerah terbaik) diberikan kepada tujuh kepala daerah, yakni Bupati Malang Rendra Kresna, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Bupati Kuningan Acep Purnama, Bupati Bulukumba Sukri A Sappewali, Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah, dan Wali Kota Parepare Taufan Pawe. (*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018