Sampang (Antaranews Jatim) - Polisi wanita (Polwan) dari Polres Sampang, Jawa Timur memperingati Hari Kartini dengan membagi-bagikan helm standar dan tempat duduk anak kepada para pengemudi kendaraan bermotor di wilayah itu, Sabtu.

"Selain dalam rangka memperingati Hari Kartini, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat di Kabupaten Sampang ini," ujar anggota Polwan Polres Sampang Brigadir Fitri Artawati.

Aksi bagi-bagi helm standar dan tempat duduk anak ini digelar di sepanjang Jalan Trunojo, Kota Sampang.

Para anggota polisi wanita yang berpakaian kebaya, mencegat satu persatu pengendara sepeda motor yang melintas di jalur lalu lintas di Jalan Trunojoyo Kota Sampang itu, sambil mengingatkan akan pentingnya memperhatikan keselamatan berkendaraan di jalan raya.

Pengendara roda dua yang tidak memasang tali helm, diminta untuk menguncinya.

"Mohon kesadaran bapak-ibu saat membonceng anak, tidak boleh berlebihan dan jangan lupa memakai helm, kunci helm dikunci sampai berbunyi klik ya pak..!," ujar Fitri Artawati.

Sebelum kegiatan, seluruh perwira di Polres Sampang yang dipimpin Kapolres AKBP Budhi Wardiman bersepeda kuno mengelilingi wilayah kota hingga di titik kegiatan Monumen Kota Sampang.

Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman mengatakan, pihaknya sengaja memanfaatkan momentum Hari Kartini mensosialisasi keselamatan berkendaraan di jalan raya itu, dengan harapan agar bisa diperhatikan oleh masyarakat.


"Makanya, petugas kita terjunkan polwan dengan menggunakan seragam kebaya ala Kartini dengan harapan, aksi yang kita lakukan ini benar-benar diperhatikan oleh masyarakat," ujarnya, menjelaskan.

Kapolres berharao, semua pengguna jalan raya khususnya pada kaum perempuan untuk menjaga keselamatan bagi anak-anak dalam berkendara dengan mematuhi aturan lalu-lintas dan melengkapi seluruh perlengkapan surat kendaraan bermotor.

"Ini sekaligus dalam rangka ibu peduli anak, ada pembagian helm dan tempat duduk anak," katanya, menjelaskan.

Aksi bagi-bagi helm standar dan tempat duduk anak bagi pengendara sepeda motor guna memperingat Hari Kartini itu, merupakan salah satu kegiatan yang digelar Polres Sampang dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Jenis kegiatan lainnya yang digelar jajaran Polres Sampang adalah menggelar bakti sosial donor darah, dan "Sehat Bersepeda", yakni bersepeda dengan menggunakan sepeda pancal kuno berkeliling kota. (*)
Video Oleh Abdul Aziz

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018