Situbondo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mendapatkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 terbaik Ke-III.

"Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, Kabupaten Situbondo berada di urutan ketiga terbaik setelah Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Banyuwangi mendapatkan Penghargaan Pembangunan Daerah atau PPD," kata Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto kepada sejumlah wartawan di Pendodpo Kabupaten Situbondo, Kamis.

Dengan mendapatkan penghargaan pembangunan daerah, lanjut dia, hal ini menunjukkan bahwa Pemkab Situbondo mampu merencanakan program secara matang dengan percepatan seluruh proses perencanaan pembangunan.

Untuk membangun suatu daerah, katanya, sangat diperlukan perencanaan yang matang dan dengan perencanaan itulah Kabupaten Situbondo bisa memperoleh PPD kabupaten/kota tahun ini berada di posisi terbaik ketiga di Jawa Timur. Dan perlu diketahui bahwa tidak semua daerah bisa melakukannya.

"Percepatan seluruh proses perencanaan pembangunan, Pemkab Situbondo menerapkan sistem informasi perencanaan berbasis akrual (Sirka), aplikasi ini mempermudah memasukkan usulan kegiatan serta data-data perencanaan daerah ke dalam database," tuturnya.

Bupati Dadang menjelaskan, lewat aplikasi sistem informasi perencanaan berbasis akrual ini, proses perencanaan pemerintah daerah bersinergis dan efektif serta efisien.

"Tantangan ke depan kami ingin memperbaiki kekurangan yang menjadi catatan, salah satunya perluasan jaringan internet di desa-desa yang masuk berada dalam kawasan tidak ada signal internet," ujarnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018