Surabaya (Antaranews Jatim) - Pimpinan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) menegaskan penyidik di jajaran Pomal harus bersikap profesional menjalankan tugasnya saat menyikapi oknum prajurit yang diduga melanggar.

"Pomal harus bijak. Apabila ada oknum prajurit yang melanggar maka lakukan penyidikan sesuai ketentuan hukum berlaku," ujar Wakil Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut Kolonel Laut (PM) Nazali Lempo di sela pengambilan sumpah perwira dan bintara penyidik Pomal di Mako Lantamal V Surabaya, Kamis.

Namun sebaliknya, kata dia, apabila ternyata prajurit tidak bersalah maka jangan segan-segan dan ragu untuk memberi perlindungan serta pengayoman.

Selain itu, Wadan Puspomal yang pada kesempatan tersebut membacakan amanat Danpuspomal Laksma TNI Muchammad Richad berpesan Pomal selain memiliki kewenangan mengambil tindakan represif, juga memiliki fungsi penyelidikan kriminal.

"Intinya, pengamanan fisik dan fungsi pemeliharaan ketertiban yang dapat diarahkan untuk kegiatan preventif," ucapnya.

Menurut dia, hal terpenting yang perlu mendapat perhatian adalah menyangkut etika, moral dan profesionalisme prajurit.

"Kita percaya bahwa etika, moral dan etika yang baik tanpa didukung dengan profesionalisme, mustahil dapat menghasilkan hasil kerja yang baik, benar dan maksimal. Sebaliknya, profesionalisme yang tinggi tanpa didukung etika dan moral baik maka mustahil pula dapat mewujudkan suatu kebenaran dan kejujuran," katanya.

Pada kesempatan sama, ia berharap agar kasus-kasus pidana yang terjadi di lingkungan Angkatan Laut dapat diselesaikan dengan tuntas dan cepat.

Sementara itu, sebanyak 53 perwira dan bintara Pomal Lantamal V diambil sumpahnya menjadi penyidik, yang terdiri dari 16 perwira dan 37 Bintara.

Turut hadir Wadan Lantamal V Kolonel Marinir OTC Sinaga, Asintel Danlantamal V Kolonel Laut (E) Harlius Bachtiar, Aslog Danlantamal V Kolonel Laut (T) Sugeng Priyono, Danpomal Lantamal V Letkol Laut (PM) Joko Tri Suhartono, Danpomal Armatim, Danpomdam V/Brawijaya Surabaya, Kaotmilti III Surabaya, Kadilmilti III Surabaya, Kaotmil III-12 Surabaya, Kadilmil III-12 Surabaya, dan Kadiskum Lantamal V. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018