Surabaya (Antaranews Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memerintahkan Dinas Pemadam Kebakaran agar melakukan pembasahan atau menyirami halaman semua kantor instansi pemerintahan di Kota Pahlawan menyusul cuaca panas akhir-akhir ini.

"Ini perintah dari bu Wali Kota Surabaya. Kami tadi pembasahan sekaligus melatih keterampilan anggota untuk sigap dalam memadamkan api," kata Koordinator Pos Pemadam Kebakaran (PMK) Bulak M. Saatun usai melakukan pembasahan di Kantor Kecamatan Bulak, Surabaya, Rabu.

Menurut dia, pembasahan dengan menggunakan satu unit mobil water canon biasanya dilakukan dua kali dalam sehari tergantung cuaca, sehingga apabila cuaca panas, maka dia langsung bertindak untuk melakukan pembasahan.

"Petugas PMK menyemprotkan air ke atas gedung kantor kecamatan dan gedung pos PMK Bulak. Seperti ini biasa kami lakukan ketika cuaca panas," katanya.

Selain itu, lanjut dia, dengan adanya pembasahan itu, maka pihaknya alat-alat yang digunakan untuk memadamkan api, termasuk water canon itu selalu siap untuk digunakan.

"Kami merasa tidak tahu kapan akan terjadi kebakaran, sehingga setiap saat harus selalu siaga," ujarnya.

Camat Bulak Suprayitno mengaku senang setelah kantor kecamatan Bulak dibasahi, sehingga suasana di kantor menjadi adem dan pelayanan masyarakat semakin enak.

"Pembasahan ini merupakan perintah langsung dari Wali Kota Surabaya. Ini merupakan wujud nyata kepedulian wali kota kepada Surabaya," katanya.

Meski, lanjut dia, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri, namun Risma tetap memperhatikan Kota Surabaya.

"Selain memberi tugas pelayanan publik dan pemerintahan, bu Risma juga selalu memerintahkan untuk membasahi Kota Surabaya ketika cuaca panas," katanya.

Kepala Dinas PMK Surabaya Chandra Oratmangun mengatakan pihaknya mengoptimalkan pembahasan atau menyirami halaman kantor instansi pemerintahan di Kota Pahlawan menyusul cuaca yang saat itu cukup panas.

Menurut dia, pembasahan seperti yang dilakukan PMK tidak hanya sebatas di kantor kecamatan, melainkan juga di semua kantor-kantor di lingkungan Pemkot Surabaya.

"Bahkan, berkali-kali kami melakukan pembasahan di Balai Kota Surabaya maupun di jalan-jalan," kata Chandra.

Adapun tujuan dari pembasahan itu, lanjut dia, untuk menekan panasnya terik matahari yang sangat menyengat akhir-akhir ini di Surabaya. Dengan semakin segar dan dingin, maka diharapkan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018