Jember (Antaranews Jatim) - Kunjungan wisatawan di Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) Kabupaten Jember, Jawa Timur mengalami peningkatan selama libur akhir pekan yang bertepatan dengan libur Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW.

"Alhamdulillah terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang cukup signifikan selama libur Isra Mikraj," kata Senior Duty Manager Wisata Tanjung Papuma, Suharno di Kabupaten Jember, Minggu.

Menurutnya peningkatan jumlah wisatawan karena liburan akhir pekan tersebut bersamaan usainya siswa sekolah menengah kejuruan (SMK), sekolah menengah atas (SMA), dan madrasah aliyah (MA) melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

"Berdasarkan data, jumlah pengunjung pada Sabtu (14/4) tercatat sebanyak 1.500 wisatawan dan jumlah tersebut meningkat tajam dibandingkan akhir pekan biasanya yang tercatat sekitar 500-700 wisatawan, sedangkan pada hari Minggu biasanya sekitar 1.200 pengunjung," tuturnya.

Ia mengatakan kunjungan wisatawan biasanya meningkat pada libur panjang akhir pekan dan liburan sekolah, sehingga pihak pengelola terus memperbaiki fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang objek wisata Pantai Papuma Jember.

"Kami memiliki wahana baru di Pantai Papuma yakni `selfi deck` di Siti Inggil yang berada pada ketinggian 100 meter dari permukaan laut yakni spot swafoto yang menarik, sehingga wisatawan dibuat senyaman mungkin untuk melihat keindahan Samudera Hindia dari bukit Siti Inggil," tuturnya.

Ia berharap "selfi deck" yang baru selesai dibangun akhir Maret 2018 itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke pantai pesisir selatan Jember yang berada di Kecamatan Wuluhan dan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Kabupaten Jember.
Pemandangan laut Samudera Hindia dari atas bukit Siti Inggil di Pantai Papuma Jember (istimewa)

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember Arief Tjahyono menyambut baik adanya wahana baru di Pantai Papuma Jember, sehingga diharapkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jember semakin meningkat baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Perbaikan sarana dan prasarana di sejumlah objek wisata, serta penambahan wahana baru dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga pihak pengelola objek wisata diharapkan jeli memanfaatkan peluang untuk menarik wisatawan," katanya.

Ia berharap warga Jember dapat menikmati liburan ke sejumlah destinasi wisata di Jember dan tidak perlu ke luar kota karena banyak destinasi wisata yang menarik baik wisata alam, wisata buatan, maupun wisata budaya di Kota Pandhalungan Jember.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018