Sumenep (Antaranews-Jatim) - Harga cabai merah kecil biasa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis, Rp35 ribu per kilogram, naik dibanding awal pekan ini yang Rp32 ribu.

"Selama dua pekan belakangan ini, cabai kecil merupakan komoditas yang harganya paling berfluktuasi," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep, Kamis.

Namun, perubahan harga cabai kecil di Sumenep itu, baik naik maupun turunnya, tidak drastis.

Sebelumnya, harga cabai kecil pada awal pekan ini (9/4) turun dibanding pertengahan pekan sebelumnya, yakni Rp32 ribu per kilogram dari Rp35 ribu. Baca juga: Harga Cabai Kecil di Sumenep Turun

Harga cabai besar pada Kamis ini juga naik dibanding awal pekan ini, yakni Rp44 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp42 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar tradisional di Kecamatan Kota, yakni di Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding.

Selain cabai kecil dan besar, harga dua komoditas lainnya juga naik, yakni bawang merah dari sebelumnya Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp33 ribu dan kubis dari Rp6 ribu menjadi Rp7 ribu.

Sementara harga komoditas yang turun adalah tomat dari Rp12 ribu per kilogram menjadi Rp10 ribu.

Harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya beras pada kisaran Rp9.500 hingga Rp10.800 per kilogram, gula pasir Rp11 ribu, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga sejumlah jenis daging juga tetap, yakni daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp75 ribu, dan daging ayam broiler Rp30 ribu. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018