Jember (Antaranews Jatim) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggelar Festival Durian di Stasiun Jember pada 30-31 Maret 2018 sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna jasa setia kereta api di wilayah setempat.

"Selain untuk mengapresiasi pengguna jasa KAI, kegiatan festival tersebut juga diadakan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan pemasaran hasil perkebunan buah asli Indonesia, yakni durian," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis.

Festival durian tersebut juga berlangsung di Stasiun Madiun (Jawa Timur) dan Stasiun Purwokerto (Jawa Tengah), sedangkan untuk pelaksanaan Festival Durian di Stasiun Jember dimulai sejak pukul 10.30 WIB hingga 17.00 WIB.

"PT KAI akan memberdayakan para petani durian lokal untuk dapat memperkenalkan sekaligus memasarkan durian lokal kepada masyarakat di sekitar area stasiun," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, pengunjung juga dapat membeli bibit durian lokal yang juga dijual oleh petani durian yang berpartisipasi dalam festival tersebut.

Luqman mengatakan PT KAI juga mengajak para pemilik usaha kecil dan mikro (UKM) setempat dengan berbagai kreasi produk makanan berbahan dasar durian untuk dapat memasarkan produknya di ketiga stasiun yang digelar Festival Durian tersebut.

"Bagi para pecinta durian, pastikan juga untuk tidak melewatkan `happy hour` makan durian sepuasnya, pembagian doorprize, dan berpartisipasi dalam kegiatan lomba makan durian dengan berbagai hadiah menarik," katanya.

Untuk dapat mengikuti setiap kegiatan di festival itu, mulai dari makan durian gratis, kesempatan mendapatkan doorprize, hingga megnikuti berbagai games dengan hadiah menarik, maka masyarakat hanya diminta menunjukkan aplikasi KAI Access generasi terbaru yang sudah diinstal dan terdaftar di ponselnya kepada petugas/panita di area festival durian di stasiun.

"Sementara bagi pengunjung yang dapat menunjukkan boarding pass KA H-7/H+7 keberangkatan kepada petugas, mereka juga diberi kesempatan untuk dapat mengikuti makan durian gratis di festival itu," ujarnya.

Menurutnya kegiatan Festival Durian merupakan salah satu bentuk dukungan PT KAI terhadap para petani durian di Indonesia, sekaligus memperkenalkan bahwa Indonesia kaya dan memiliki berbagai macam varietas buah durian dari masing-masing daerah.

"Sebanyak 350 buah durian lokal yang akan dijual dan dibagikan dalam sehari di festival itu, sehingga pengunjung dapat merasakan beragam varietas durian dari Kabupaten Jember," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018