Surabaya (Antaranews Jatim) - Sembilan sektor di Jawa Timur akan diikutkan dalam "International Business Festival" atau ajang festival bisnis yang akan berlangsung di Liverpool, Inggris pada 17-21 Juni 2018, tujuannya untuk lebih mengenalkan produk lokal ke internasional.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya, Jamhadi, di Surabaya, Kamis, mengatakan sengaja mengikutsertakan sembilan sektor itu untuk mengajak pengusaha Jatim dan Surabaya, supaya bisa ekspansi ke kancah internasional, setelah kerja sama "sister city" antara Surabaya dan Liverpool.

Jamhadi menyebutkan, sembilan sektor itu antara lain ekonomi, transportasi, kesehatan dan ilmu pengetahuan, perkotaan dan masyarakat, manufaktur, industri kreatif, energi terbarukan, logistik, olahraga dan pariwisata.

Diharapkan, dengan keikutsertaan pengusaha dari Surabaya di kancah internasional bisa meningkatkan kunjungan wisata dan investasi di Surabaya dan Jawa Timur.

"Selain sembilan sektor, wali kota Liverpool yang sebelumnya datang ke Surabaya juga meminta sektor maritim dan makanan minuman untuk diikutkan, dan dia berjanji menyampaikan ke publik Inggris tentang keunggulan Kota Surabaya dan Jawa Timur," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Liverpool, Joe Anderson telah berkunjung ke Surabaya dengan agenda menggelar pertemuan dengan sejumlah pengusaha di Jawa Timur dan Kadin Surabaya.

Pertemuan itu membahas persiapan pengusaha Surabaya untuk memasarkan produknya di International Business Festival, dan mengajak berpartisipasi menyukseskan kegiatan bisnis tersebut.

Joe mengatakan, ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan pengusaha Surabaya di Liverpool, salah satunya mengenalkan Surabaya dan Jatim untuk meningkatkan investasi, dengan mengajak pengusaha Inggris menanamkan investasinya ke Jawa Timur

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018