Pamekasan (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Jawa Timur kini mulai menggencarkan sosialisasi pilkada serentak bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada 27 Juni 2018 ke sejumlah sekolah di wilayah itu.

Sosialisasi ke sekolah-sekolah itu dilakukan oleh penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK), dengan sasaran para calon pemilih pemula di wilayah itu. Salah satunya seperti yang dilakukan PPK Pasean.

"Kami mulai menggendarkan sosialisasi kepada calon pemilih pemula, mengingat jumlah calon pemilih pemula disini banyak, yakni sekitar 1.200 orang, dari total jumlah calon pemilih sebanyak 45.962 orang," ujar Ketua PPK Pasean Abdus Salam di Pamekasan, Sabtu.

Ia menjelaskan, sosialisasi ke sekolah di Kecamatan Pasean itu telah dimulai sejak 2 Maret 2018 dengan sasaran para pelajar kelas akhir di SMK Negeri 1 Pasean dan rencananya ke sejumlah sekolah lain di wilayah itu secara berkesinambungan.

Selain menekankan pada sosialisasi tentang teknis pelaksanaan pilkada, para petugas penyelenggara pemilu itu juga menjelaskan akan pentingnya menggunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin Pamekasan lima tahun kedepan.

Para siswa juga diajak agar menjadi warga masyarakat yang bertanggung jawab dalam ikut menentukan pemimpin Pamekasan dengan menggunakan hak suara pada pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018.

Sementara itu, daftar calon pemilih untuk Pilkada Pamekasan 27 Juni 2018 sesuai data pada Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 615.594 orang.

Jumlah calon pemilih ini, sesuai dengan data yang diserahkan KPU RI kepada KPU Pamekasan beberapa hari lalu dan telah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Dari jumlah itu, calon pemilih laki-laki terdata sebanyak 297.615 orang dan calon pemilih perempuan sebanyak 317.979 orang.

Sementara, jumlah total calon pemilih pemula yang bisa menggunakan hak pilihnya pada pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018 itu sebanyak 56.340 orang.

Perinciannya, calon pemilih pemula laki-laki sebanyak 28.815 orang, dan calon pemilih pemula perempuan sebanyak 27.525 orang.

Pilkada di Kabupaten Pamekasan yang akan digelar pada 27 Juni 2018 itu diikuti dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan.

Masing-masing pasangan Calon Bupati Badrut Tamam dengan Wakilnya Raja`e (Berbaur) dan Pasangan Calon Bupati Kholilurrahman dengan Wakilnya Fathor Rohman (Kholifah). (*)

Pasangan calon Berbaur diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra.

Sedangkan Pasangan Calon Bupati Kholifah diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrat dan Partai Golkar. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018