Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Sebanyak 100 balita dan ibunya mengikuti kegiatan pos pelayanan terpadu (posyandu) yang berlangsung di halaman toko Alfamart Dungus, Sidoarjo, Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional Indonesia yang jatuh setiap 28 Februari.

Area Manager Alfamart Sidoarjo, Soeharno Eko, Kamis mengatakan, posyandu semacam ini sebetulnya di adakan rutin di beberapa toko Alfamart dengan target peserta balita warga setempat.

"Namun khusus Hari Gizi Nasional, PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan hadiahnya diperbanyak dengan menggandeng mitra dari bubur SUN Promina. Selain itu digelar serentak di 12 kota," katanya di sela acara.

Kegiatan ini, kata Eko, sekaligus bentuk kepedulian perusahaan swasta terhadap permasalahan gizi buruk pada balita yang tengah menjadi sorotan di tanah air.

"Kami menyadari, persoalan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga perusahaan swasta. Sebagai toko komunitas yang dekat dengan masyarakat, kami ingin turut berkontribusi dalam upaya perbaikan tersebut," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, kata dia, perusahaan berupaya mengingatkan kembali pentingnya peran orang tua dalam mempersiapkan gizi seimbang untuk mendukung proses tumbuh kembang anak, terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupan anak.

Salah seorang peserta Julaikha, yang datang membawa balitanya berusia lima bulan mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut.

"Terima kasih Alfamart yang sudah menginisiasi kegiatan posyandu di lingkungan kami. Hari ini kami mendapatkan banyak infomasi mengenai kesehatan untuk ibu dan anak. Suasananya juga lebih menarik karena dilaksanakan di sekitar toko seperti ini," ujarnya.

Trade Marketing Indofood Nutrition, Astrid Setiawan mengatakan aktivitas gebyar posyandu adalah ajang yang tepat untuk meningkatkan wawasan ortu terutama ibu pentingnya asupan yang tepat untuk anak bayi sesuai usianya.

"Masih banyak kami temukan ibu yang memberikan asupan makanan kepada bayi yang belum sesuai usianya. Kami bersyukur bisa berkontribusi langsung dalam mendukung upaya perbaikan gizi terutama area yang masih mengalami gizi buruk pada batita. Terima kasih dan salut kepada Alfamart yang sdh dgn baik menyelenggarakan acara ini," katanya.

Saat ini konsumen Alfamart masih didominasi oleh ibu muda. Perusahaan memiliki 8,9 juta konsumen aktif yang terdaftar sebagai member Ponta Alfamart. Sebanyak 61,64 persen diantaranya perempuan, dengan rentang usia terbanyak yakni 21 sampai 40 tahun.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018