Sumenep (Antaranews-Jatim) - Harga cabai merah kecil biasa di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin, naik dibanding pekan lalu dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp37 ribu.

"Pedagang menaikkan harga komoditas tersebut, karena cabai kecil saat ini cenderung tak bisa bertahan lama atau cepat busuk," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep, Senin.

Mereka menaikkan harga cabai kecil untuk menutup potensi kerugian akibat cepat busuk, karena kondisi cuaca (sering hujan).

Selain cabai kecil, harga bawang putih juga naik jika dibanding pekan lalu, yakni dari Rp22 ribu per kilogram menjadi Rp25 ribu.

"Pada awal pekan ini, harga daging ayam broiler turun dibanding pekan lalu dari Rp35 ribu per kilogran menjadi Rp34 ribu," kata Sukaris, menerangkan.

Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya harga daging sapi tetap Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp75 ribu, dan telur ayam kampung Rp40.800.

Begitu juga harga beras tetap pada kisaran Rp11 ribu hingga Rp11.600 per kilogram, gula pasir Rp11 ribu, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018