Situbondo (Antaranews Jatim) - Banjir luapan air sungai di Hutan Baluran Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis sore menyebabkan jalur pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali tersendat akibat luapan air hingga ke jalan raya.

"Arus lalu lintas tersendat dan banjir tersebut diakibatkan debit air di Sungai Panggang di tengah Hutan Baluran Kecamatan Banyuputih tinggi hingga meluap ke jalan raya," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan saat dihubungi lewat telepon di Situbondo.


Ia menjelaskan, banjir di tengah Jalur Pantura Hutan Baluran Situbondo itu terjadi setelah sebelumnya di wilayah timur Kabupaten Situbondo diguyur hujan dengan intensitas tinggi, dan sekitar pukul 15.30 WIB air sungai mulai meluap ke jalan raya dan menggangu arus lalu lintas.

Sampai saat ini, katanya, petugas BPBD dalam perjalanan ke lokasi banjir, dan dikabarkan juga di Sungai Bajullmati Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih meluap dan menggenangi rumah warga.

"Untuk memastikannya, saat ini kami masih perjalanan menuju titik-tik lokasi banjir," katanya.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah pengendara yang melintas dan melaporkan banjir di Jalur Pantura Hutan Baluran terjadi di beebrapa titik, akan tetapi sebagian kendaraan bisa menerobos banjir luapan air sungai. (*)
Video Oleh Novi Husdinariyanto

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018