Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mendorong peningkatan pengguna aplikasi pemesanan tiket daring melalui "KAI Access" karena minimnya masyarakat yang memanfaatkan kemudahan dalam aplikasi tersebut.

Senior Manager Angkutan PT KAI Daop 8 Surabaya, Raden Agus Dwinanto Budiadji, di Surabaya, Selasa, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan promosi memberikan kopi gratis bagi penumpang yang mampu menunjukkan aplikasi terbaru KAI Access saat akan naik kereta.

Agus mengakui, pemesanan tiket KA melalui daring di wilayah Daop 8 Surabaya saat ini memang mendominasi dibanding melalui manual, dengan persentase 30 persen manual dan 70 persen melalui daring.

Namun, kata Agus, dari total pemesan tiket daring yang ada, hanya 10 persen yang mengakses melalui aplikasi KAI Access, sisanya melalui aplikasi pihak ketiga, atau aplikasi serupa namun milik swasta.

Padahal, kata dia, aplikasi milik PT KAI itu mempunyai fitur atau layanan yang bisa mempermudah penumpang saat masuk ke stasiun, yakni "e-boarding" serta beberapa fitur tambahan seperti "e-porter" untuk memesan kuli angkut stasiun.

"Oleh karena itu, kami kampanyekan masyarakat agar menggunakan layanan aplikasi KAI Access, dan diharapkan menaikkan jumlah pengunduh dari yang ada saat ini yang mencapai 100 ribuan," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018