Jember (Antaranews Jatim) - Sejumlah objek wisata di Kabupaten Jember, Jawa Timur ramai dikunjungi wisatawan menjelang Tahun Baru 2018.

"Wisatawan yang datang dari Jember maupun luar daerah terus berdatangan di Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma), meskipun sejak pagi hingga siang cuaca mendung dan gerimis," kata Senior Duty Manager Wisata Tanjung Papuma Suharno di Kabupaten Jember, Minggu.

Menurutnya pondok wisata sebanyak 16 kamar juga sudah penuh dipesan oleh wisatawan, bahkan ada yang sudah pesan jauh-jauh hari karena mereka ingin merayakan malam pergantian tahun di Pantai Papuma Jember.

"Kepadatan kendaraan yang menuju ke Papuma sudah terlihat beberapa meter menjelang pintu masuk, sehingga puluhan kendaraan baik roda empat maupun roda dua harus antre untuk menunggu giliran," tuturnya.

Pihak pengelola, lanjut dia, awalnya menyuguhkan kesenian Reog Ponorogo untuk menarik wisatawan pada malam pergantian tahun baru, namun kondisi hujan deras menyebabkan atraksi reog dibatalkan dan hanya penari Reog saja yang menghibur pengunjung yang merayakan malam tahun baru di Pantai Papuma.

"Cuaca hujan dapat berdampak pada menurunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Papuma, namun jumlah pengunjung hingga pukul 12.00 WIB tercatat sebanyak 3.000 orang dan jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada Sabtu (30/12) sebanyak 2.500 pengunjung," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember Arief Tjahyono mengatakan kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Jember mengalami peningkatan, namun khusus untuk objek wisata alam sangat dipengaruhi oleh faktor cuaca.

"Biasanya beberapa objek wisata yang ramai dikunjungi hingga menjelang malam pergantian tahun 2017 ke 2018 di antaranya Puncak Rembangan, Pantai Papuma, dan Pantai Watu Ulo karena beberapa objek wisata itu memiliki hotel atau tempat penginapan untuk bermalam bagi wisatawan," tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember tercatat jumlah objek wisata di Kabupaten Jember mencapai 90 objek wisata yang tersebar hampir merata di 31 kecamatan baik yang berupa wisata alam, wisata buata, wisata religi, dan wisata seni budaya.

Beberapa destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan di antaranya Teluk Love, Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma), Taman Botani Sukorambi, Dira Park Ambulu, Puncak Rembangan, dan Pantai Watu Ulo.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017