Sampang (Antara Jatim) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, Jawa Timur Juhedi menyatakan, kuota haji untuk musim haji tahun 2018 di wilayah itu sebanyak 440 orang.

"Jumlah kuota haji untuk musim haji 2018 ini, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kemenag pusat," ujar Juhedi di Sampang, Madura, Minggu.
 
Menurutnya, jumlah kuota itu belum termasuk untuk jatah haji bagi lanjut usia (lansia) dan calon pendamping haji.

"Ada kemungkinan nanti jatahnya lebih dari 440 orang, mengingat jumlah tersebut belum termasuk pendamping dan calon haji untuk lansia," ujarnya, menjelaskan.

Saat ini, sambung Juhedi, jamaah  yang masuk dalam daftar calon haji mulai melakukan pemberkasaan kelengkapan administrasi.

"Sudah ada 425 orang yang telah melengkapi berkas administrasi," ucap Juhedi.

Nantinya, sambung mantan Kepala Kemenag Pamekasan itu, jika semua pemberkasan calon haji itu selesai, maka akan disetor kepada Kemenag Pusat.

Juhedi lebih lanjut menjelaskan, calon haji yang akan menunaikan ibadah haji pada musim haji 2018 ini merupakan calon haji yang telah mendaftar sejak 2010.

Jumlah kuota calon haji 2018 ini lebih sedikit dibanding jumlah jamaah haji 2017. Sebab, kala itu, jumlah jamaah haji Sampang sebanyak 643 orang.

Sementara itu, jumlah jamaah haji 2016 sebanyak 549 orang. "Jadi, setiap tahunnya kuota haji yang ditetapkan pemerintah pusat tidak sama," kata Juhedi, menjelaskan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017