Surabaya (Antara Jatim) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menggelar latihan bersama angkatan laut Australia atau "Royal Australian Navy" (RAN) bertajuk "New Horizon Ex-17" yang berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, 20 – 22 November. 
     
Kepala Dinas Penerangan Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur Letnan Kolonel Laut (KH) Suratno di Surabaya, Selasa, mengatakan latihan tersebut tak hanya meliputi peperangan di laut, melainkan juga olahraga bersama.
     
Dia mencontohkan, pada hari ini olahraga bersama diikuti prajurit KRI Fatahillah-361, KRI Sultan Hasanuddin -366, HMAS Paramatta -154, dan HMAS Sirius (O-266) yang berlangsung di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan.  
     
Olahraga yang dipertandingkan antara lain, bola volly, sepak bola, dan tarik tambang. 
     
"Keseruan dari setiap permainan yang dipertandingkan semakin menambah antusias dan kegembiraan peserta Latma New Horizon Ex-17," katanya. 
     
Dia menggambarkan, yang paling heboh dalam latihan bersama olahraga hari ini adalah tarik tambang. "Kombinasi peserta antara TNI AL dan RAN melambangkan kebersamaan untuk saling menjaga stabilitas keamanan kawasan maritim antar kedua negara," ujarnya.
     
Menurut dia, latihan bersama antara dua angkatan laut Indonesia dan Australia tersebut memiliki makna penting, tidak hanya bertujuan meningkatkan profesionalisme untuk kedua angkatan laut, tapi juga untuk meningkatkan hubungan bilateral dan memperkuat kerjasama antara TNI AL dan RAN. 
     
Latihan tempur laut "New Horizon Ex-17" berlangsung di kawasan Alur Laut Kepulauan Indonesia II hingga ke Laut Jawa, dengan materi latihan komunikasi, "tactical maneuvering", "gunnery exercise", "photo exercise" dan penggunaan unsur udara seperti helikopter. 
     
"Diharapkan latma ini dapat melatih kemampuan dan keahlian personel kedua angkatan laut dalam mengembangkan taktik dan prosedur operasi keamanan maritim," katanya.
     
Dia menambahkan, pada intinya latihan ini diharapkan bisa mengembangkan profesionalisme sekaligus membangun rasa percaya diri bagi angkatan laut dari kedua negara.
     
"Kita menyadari bahwa latihan ini dari waktu ke waktu telah meningkatkan persahabatan antara Australia dan Indonesia. Tentunya menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan hubungan kedua negara. Setiap bentuk kontribusi dari semua peserta akan sangat dihargai karena kita percaya semua memiliki komitmen tinggi terhadap kesuksesan Latma New Horizon Ex-17," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017