Surabaya (Antara Jatim) - Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Muda TNI Darwanto mendorong siswa, prajurit antap dan aparatur sipil negara di lingkungan kerjanya untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.  
     
"Pemerintah bertujuan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, untuk mendukung program pemerintah tersebut hendaknya visi dan misi Kodiklatal jangan hanya sebagai hiasan tulisan saja. Harus diimplementasikan melalui keberhasilan pelaksanaan semua tugas yang diberikan oleh organisasi dengan sebaik-baiknya," ujarnya di Surabaya, Selasa.
     
Untuk itu, Darwanto menekankan semua pekerjaan di Kodiklatal harus ada tolok ukur yang jelas dan harus memiliki parameter sebagai indikator keberhasilan dalam pelaksanan tugas.
     
"Untuk mencapai keberhasilan harus disiapkan dan direncanakan," ucapnya.
     
Mantan Panglima Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur itu mengawali kerjanya sebagai Dankodiklatal dengan memberi "Entry Briefing" kepada prajurit antap, siswa dan aparatur sipil negara di kesatuannya yang berlangsung di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal Surabaya, Senin (20/11).
     
Sebagai pejabat baru di Kodiklatal, perwira tinggi bintang dua di pundak ini menyatakan komitmen untuk meneruskan estafet kepemimpinan Dankodiklatal pendahulunya, dengan melanjutkan program dan kebijakan-kebijakan yang telah berjalan sebelumnya, serta mengembangkannya melalui perubahan-perubahan dalam rangka membawa Kodiklatal kearah yang lebih baik lagi.
     
"Tugas Pokok TNI AL adalah mengamankan kedaulatan negara di laut. Oleh sebab itu para prajurit harus bangga sebagai prajurit matra laut. Bagi siswa yang belajar di Kodiklatal harus mempelajari aspek laut karena nantinya mereka akan mengawaki organisasi TNI AL," tuturnya. 
     
Kepada seluruh perwira Kodiklatal dan aparatur sipil negara golongan III, Darwanto juga telah memberi pembinaan terkait pengkajian dan pengembangan doktrin, pendidikan, latihan dan petunjuk organisasi serta fungsional di lingkungan TNI AL. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017