Surabaya (Antara Jatim) - Pengurus Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kota Surabaya memuji kualitas pemain baseball softball untuk usia dini yang saat ini merata di seluruh tim. 
     
"Pembinaan yang dilakukan klub makin pesat, di awal tahun ini kualitas pemain usia dini masih belum merata, tapi saat ini kekuatannya sudah merata bahkan pertandingan antartim di tiap game berlangsung ketat," kata Sekretaris Perbasasi Kota Surabaya Nur Moming Hidayat di acara Kejuaraan Baseball dan Softball Pahlawan Cup 2017 di Lapangan Softball Dharmawangsa, Surabaya, Minggu.

Moming menyampaikan keterkejutan atas kualitas pemain usia dini yang saat ini merata di semua tim dan kelas, baik kelas Baseball usia 12 dan Usia 16, maupun  Softball. 

"Bahkan sampai game hari Sabtu (18/11) kemarin, belum diketahui siapa yang masuk final karena masing-masing tim masih saling mengalahkan satu sama lain. Ini mengejutkan, saya pikir mereka tinggal dipoles sedikit lagi dan siap tampil di ajang Kerjurnas," katanya.

Hal sama juga dikatakan Ketua Perbasasi Kota Surabaya Yayuk Dossy Iskandar. Ia mengatakan prestasi dan perbaikan kualitas atlit usia dini ini diprediksi akan terus meningkat dengan semakin seringnya diselenggarakan event kejuaraan.  

"Atas nama keluarga besar insan Softball Baseball Kota Surabaya kami ucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota Surabaya atas tersedianya fasilitas lapangan baru Softball Dharmawangsa yang berkualitas internasional dan bisa digunakan bermain di malam hari,"  katanya.

Mantan Pemain Softball Nasional Yayuk mengatakan Perbasasi Kota Surabaya berencana akan memilih Pemain-Pemain terbaik berdasarkan penilaian yang telah dibuat oleh Panitia Pertandingan. 

"Hasil dalam penyelenggaraan kejuaraan ini, sesuai arahan Pengurus besar Perbasasi dan KONI Kota Surabaya selain pembinaan kualitas atlit," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Perbasasi Kota Surabaya akan membentuk Tim Surabaya All Stars yang dipilih dari pemain-pemain usia dini terbaik saat Pahlawan Cup 2017. 

"Tim Surabaya All Stars ini akan siap bila nantinya ada event kejuaraa antar kota usia dini," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya M. Afghany mengatakan penyelenggaraan Kejuaraan Baseball dan Softball Pahlawan Cup 2017 di Lapangan Softball Dharmawangsa Surabaya mulai 9-19 November 2017 berlangsung meriah.

"Semoga kegiatan ini bisa terselenggara rutin setiap tahun. Selain untuk memperingati Hari Pahlawan juga untuk menjadi ajang pembibitan pemain-pemain muda yang pada akhirnya akan membuat harum nama Kota Surabaya di kemudian hari," ujarnya.

Menurut dia, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendukung perkembangan kemajuan olah raga dan berpesan atlit-atlit seoptimal mungkin atlit mencatatkan prestasi nasional. "Bahkan diharapkan menjadi atlit tingkat internasional," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017