Surabaya (Antara Jatim) – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf berpendapat bahwa menonton sebuah film mampu menciptakan inspirasi, khususnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Setiap film memiliki pesan inspiratif bagi siapapun, bahwa betapa sulitnya membuat sebuah karya yang bisa membuat hati bergetar," ujarnya di sela menonton film nasional "Wage" di salah satu bioskop di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, film-film di Indonesia saat ini dinilainya sudah menyampaikan hal-hal positif yang pesannya mampu menjadikan inspirasi.

Salah satunya,  kata dia, film "Wage" yang mengulas musisi Wage Rudolf (WR) Supratman sebagai sosok penting pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Melalui film tersebut, masyarakat akhirnya mengetahui proses penciptaannya, termasuk keseharian WR Supratman yang tak hanya sebagai seorang musisi, tapi juga pejuang kemerdekaan RI.

"Terlihat WR Supratman sebagai musisi dan pejuang banyak mengalami tekanan-tekanan, bahkan penyiksaan. Tapi dari situ muncul lagu resmi bangsa Indonesia," ucap Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Kisah film yang disutradarai John De Rantau bermula dari keinginan Wage yang berjuang bersama pemuda-pemudi Indonesia dalam meraih kemerdekaan melalui berbagai macam cara, salah satunya berjuang melalui pergerakan dengan menciptakan sebuah karya lagu perjuangan.

Dalam film tersebut dikisahkan, WR Supratman terlibat langsung ke dalam pergerakan dan aktif terlibat di ruang ruang rapat organisasi pemuda, kemudian berperan menciptakan lagu perjuangan untuk menggelorakan semangat perlawanan dari rakyat Indonesia kepada penjajah Belanda.

Bahkan dalam film tersebut digambarkan bahwa nilai sejarah terpenting adalah selain menjadi musisi WR Supratman adalah seorang pejuang muda yang pintar menulis karya jurnalistik. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017