Malang (Antara Jatim) - Sedikitnya 650 siswa SD/MI yang tergabung dalam Kepanduan Muhammadiyah Hizbul Wathan (HW) cilik berkompetisi di ajang "Athfal Competition Indonesia (ACI)" 2017 yang digelar di Univesitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama tiga hari (11-13/11).  

Apel Kepanduan Muhammadiyah HW yang diikuti 30 SD/MI binaan Aisyiyah se-Indonesia yang digelar di Helipad UMM tersebut dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Muhadjir Effendi di Malang, Sabtu.

Dalam amanatnya, Muhadjir yang didapuk sebagai pembina apel itu berpesan pada seluruh peserta agar berkompetisi dengan sportif dan sebaik-baiknya. "Tunjukkan Hizbul Wathan di bawah binaan Aisyiyah maupun yang tidak, bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berkompetisi," ujarnya.

Sementara itu Ketua pelaksana ACI 2017, Wage Munawar mengatakan kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahim antarguru dan siswa yang tergabung dalam Aisyiyah dan Hizbul Wathan. "Selain itu kegiatan ini juga untuk membangun karakter sportif dan kreatif bagi seluruh anggota HW," ucapnya.

Selain itu, lanjut Wage, dalam apel pembukaan ini HW juga turut mengundang lembaga-lembaga pendidikan di bawah binaan Aisyiyah dan gugus depan pramuka dari SD dan SMP se-kota Malang. " Kami mengundang Pramuka untuk menunjukkan bahwa Pramuka dan HW itu satu, yang membedakan hanya organisasi yang menaunginya saja," terangnya.

Adapun lomba yang diadakan sama dengan lomba-lomba kepanduan atau kepramukaan pada umumnya, seperti semapor, membaca sandi-sandi, pioneering dan lain sebagainya. Dalam gelaran yang diikuti kader HW yang terdiri dari siswa di usia anak-anak dan masa remaja awal ini, ACI mengangkat tema "Scout Community Development".

Selain lomba-lomba, pada hari kedua kami lanjutkan dengan tadabbur alam dan outbound di Taman Rekreasi Sengkaling."Kami ingin menumbukan semangat kerja sama antarpandu, baik yang di bawah naungan HW maupun pandu lainnya (pramuka) dari sekolah non-Muhammadiyah," ujarnya.

Usai apel, acara dilanjutkan dengan penampilan berbagai kreasi dan tarian dari TK, SD, SMP dan siswa-siswi pramuka yang diundang dalam apel pembukaan.

Berbagai kreasi tarian siswa-siswi kecil itu juga diikuti oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini dan istri Wali Kota Malang Dewi Farida Suryani Anton.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017