Surabaya (Antara Jatim) - Seorang pria mirip Presiden Joko Widodo mencuri perhatian di sela upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya, Jumat.

"Lho ada Presiden di Tugu Pahlawan, kok tidak di kursi kehormatan," ujar Ical, salah seorang peserta upacara yang tidak mengetahui bahwa yang dimaksudnya bukan Jokowi asli.

Selama upacara, "Jokowi" yang bernama asli Reza Sri Mulyadi tersebut berada di sisi kanan tribun undangan dan menyaksikan jalannya upacara yang dipimpin Gubernur Jawa Timur Soekarwo mulai awal sampai akhir.

Ia mengaku sengaja datang di Tugu Pahlawan untuk melihat langsung lokasi sesungguhnya ketika pertempuran 10 November 1945.

"Tugu Pahlawan ini adalah saksi sejarah dan memiliki nilai sejarah tinggi. Di sinilah putra-putri dari seluruh Tanah Air berkumpul dan bertempur melawan penjajah," ucap pria asal Jawa Barat tersebut.

Pada kesempatan tersebut ia juga berkeliling Tugu Pahlawan, bahkan sempat bertemu dan berfoto dengan Gubernur Jatim Soekarwo serta Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf.

"Setelah ini saya mau ke makam Bung Karno di Blitar. Tapi di sini nanti ke makam Bung Tomo dulu," kata bintang iklan televisi yang termasuk dalam relawan Jokowi tersebut.

Sementara itu, upacara diikuti ribuan peserta dari berbagai organisasi, TNI/Polri dan mahasiswa, digelar tepat pukul 08.00 WIB dengan diawali pengibaran bendera merah putih.

Tepat pukul 08.15 WIB, Gubernur selaku inspektur upacara mengajak mengheningkan cipta mendoakan arwah para pahlawan agar diterima di sisi Allah SWT. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017