Sidoarjo, (Antara Jatim) - Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur memberikan pelatihan kepada sebanyak 300 orang guru TK se-Sidoarjo tentang strategi pembelajaran kurikulum 2013 atau K-13.

Ketua GOPTKI Kabupaten Sidoarjo Siti Sulandjari Djoko Sartono, Selasa mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo selama dua hari yakni tanggal 7 dan 14 November.

"pelatihan tersebut diberikan untuk meningkatkan pembelajaran guru TK sesuai kurikulum 13," katanya saat membuka kegiatan pelatihan.

Ia mengemukakan, pembelajaran K 13 merupakan kewajiban seorang guru yang harus dijalankan dan amatlah berdosa jika seorang guru salah melakukan strategi pembelajaran kepada anak didiknya.

"Untuk itu, penerapan pembelajaran K 13 dapat dijalankan oleh lembaga pendidikan TK serta diharapkan lembaga TM dapat melangkah sesuai dengan panduan dan pedoman, supaya apa yang dikerjakan kedepan dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Mustain mengatakan kurikulum 2013 untuk TK tidak pernah berubah sejak diterapkan.

"Namun pelaksanaanya masih ada sekolah TK yang belum memahaminya seperti disekolah anaknya sendiri, guru TK nya memberikan Pekerjaan Rumah kepada anaknya," ujarnya.

Menurutnya, TK bukanlah sekolah, karena sesuai dengan namanya, TK adalah taman dimana pembelajaran baca tulis tidak diharuskan di lembaga TK.

"Pemerintah juga melarang sekolah dasar melakukan tes baca, tulis, hitung sebagai syarat penerimaan siswa didik baru dan larangan itu terus diampanyekan supaya tidak ada lagi SD yang memberlakukan syarat penerimaan tersebut," ujarnya.

Dalam pelatihan ini, dua narasumber dihadirkan dalam pelatihan tersebut, pertama Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) DR.Hj. Gunarti Dwi Lestari M.Si, M.Pd kemudian Kepala Bidang Pembinaan Paud Dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Dr. Dra. Sri Sutarsih, M.Si.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017