Surabaya (Antara Jatim) – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengapresiasi kegiatan bazar buku atau "Airlangga Book Sale" ke-17 yang diselenggarakan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya selama sepakan, Senin hingga Sabtu (11/11).

Gus Ipul sapaan Saifullah Yusuf saat pembukaan bazar buku tersebut di kampus setempat, Senin mengatakan kampus sebagai salah satu lembaga pendidikan harus turut ikut andil dalam meningkatkan dunia literasi, baik membaca maupun menulis.

"Selama ini kita dorong terus dengan sekolah, kampus, serta LSM. Pemprov sudah bekerja sama dengan Unair dan sejumlah instansi dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. Hasilnya, setiap tahun semakin meningkat," ujar Gus Ipul.

Melalui Airlangga Book Sale tersebut, dirinya berharap dunia literasi di Indonesia, khususnya Jawa Timur bisa semakin meningkat ke depannya.

"Dengan membaca, hidup dapat berkualitas. Membaca adalah jembatan agar hidup lebih baik. Kita terus berusaha mendorong minat baca masyarakat itu. Masih banyak yang harus kita kerjakan. Belum semua masyarakat peduli," ujarnya.

Wagub juga berharap, melalui bazar seperti ini penerbitan buku di Indonesia kian meningkat. Berdasar data, jumlah buku yang diterbitkan di Indonesia hanya berada dalam angka 30 ribu judul buku per tahun. Sementara itu, negara-negara lain di Asia mencapai lebih dari 60–200 ribu judul buku.

"Minat baca juga bergantung pada kesediaan buku. Semakin beragam buku yang beredar, keinginan baca akan kian tinggi," tutur Gus Ipul.

Kegiatan Airlangga Book Sale ke-17 itu merupakan rangkaian acara dari Dies Natalis ke-63 Unair. Bazar tersebut terselengara atas kerja sama Unair dengan departemen ilmu informasi dan perpustakaan (IIP).(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017