Malang (Antara Jatim) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Malang menggelar uji kompetensi dan sertifikasi  bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) bidang pengolahan makanan serta pelatihan glass painting bagi masyarakat setempat.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang Martha MRL Tobing, Senin mengatakan kegiatan tersebut dilakukan secara bersamaan dengan tujuan untuk pembinaan kemampuan dan keterampilan kerja masyarakat melalui kegiatan sertifikasi dan uji kompetensi olah makanan bagi UMKM.

"Kegiatan sertifikasi dan uji kompetensi (olah makanan) bagi usaha mikro tersebut diikuti oleh 60 orang peserta sedangkan pelatihan glass painting diikuti oleh 50 orang peserta dari kalangan buruhpabrik rokok yang masih aktif," ka Martha di sela uji kompetensi dan sertifikasi UMKM tersebut di Malang, Jawa Timur..

Kegiatan tersebut menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai an Tembakau (DBHCT), sehingga keseluruhan peserta kegiatan tersebut adalah buruh pabrik yang masih aktif dari sembilan pabrik rokok yang ada di Kota Malang.

Ia mengemukakan tujuan kegiatan itu untuk memunculkan wirausaha baru yang dapat memberikan keterampilan baru. "Nantinya jika mereka sudah pensiun atau di PHK oleh perusahaannya, mereka sudah memiliki keterampilan baru yang dapat dijadikan modal untuk membuka usaha mandiri," ujarnya.

Menurut dia, dipilihnya keterampilan glass painting dan olahan makanan karena kegiatan tersebut tidak terlalu sulit atau ribet dilakukan dan kedua kegiatan tersebut masih sangat diminati oleh para buruh pabrik rokok.

Ke depan, lanjutnya, pihaknya akan menggelar kegiatan lanjutan untuk mereka agar mendapatkan sertifikasi serta memberikan pengetahuan yang lebih jauh terkait bidang usaha masing-masing." Kami menginginkan agar UMKM di Kota Malang ini makin meningkat, baik kuantitas maupun kualitasnya melalui program 'UKM Naik Kelas'," tuturnya.

UKM Naik Kelas adalah program untuk meningkatkan dan memajukan kualitas UKM yang ada di Kota Malang agar dapat memasarkan produknya sampai ke tingkat nasional, bahkan di tingkat internasional.   

Sejumlah produk UKM di Kota Malang yang sudah menembus pasar nasional maupun internasional, di antaranya adalah keramik, keripik tempe dan berbagai olahan keripik berbahan buah-buahan, batik, bakpia maupun kerajinan tangan (industri rumahan).(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017