Jakarta (Antara Jatim) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa menerima penunjukan Abdullah Azwar Anas mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai pasangan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018.

"Sejak awal PKB menyerahkan sepenuhnya keputusan calon wakil gubernurnya ke PDIP," ujar Sekretaris Jenderal DPP PKB Abdul Kadir Karding di Kantor DPP PKB di Jakarta, Minggu.

Dipilihnya nama Anas, kata dia, sebuah kebanggaan karena Bupati Banyuwangi itu terbukti prestasinya dan diakui tak hanya publik nasional, tapi juga internasional.

Azwar Anas, lanjut dia, adalah sosok generasi millenial yang menjadi ikon orang muda, gaul dan kenyang pengalaman di birokrasi.

Karena itulah pasangan yang disebutnya sebagai pasangan Merah Putih merah putih itu merepresentasikan nasionalis-agamis.

Kendati demikian, pihaknya menegaskan gak ingin "jumawa" dan tetap membuka peluang untuk masuknya partai politik lain dengan perlakuan yang sama.

"Kami membuka diri untuk koalisi dan bersama memenangkan pasangan yang sudah ditunjuk. Setelah ini rekomendasi pasangan segera ditetapkan dan disosialisasikan sampai tingkat bawah," katanya.

Di tempat sama, Gus Ipul berterima kasih kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri beserta seluruh keluarga besar PDIP serta jajaran pengurus partai.

Wakil Gubernur Jatim tersebut juga berterima kasih dipasangkan dengan Bupati Banyiwangi Azwar Anas yang dinilai berprestasi.

Begitu juga Azwar Anas yang berterima kasih dan bersyukur bisa digandengkan dengan Gus Ipul, termasuk memuji mekanisme PDIP yang berjalan baik.

"Saya terhormat digandengkan dengan Gus Ipul. Gus Ipul ini orangnya humanis. Sinergi dan gotong-royong antardaerah lebih penting sekarang, daripada kompetensi daerah. Ini sesuai pesan Bung Karno yang terkandung dalam ajaran Trisakti," katanya. (*)
Video Oleh Fiqih Arfani

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017