Surabaya (Antara Jatim) - Pengamat sosial politik asal Universitas Airlangga Surabaya Novri Susan menilai wacana pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur merupakan koalisi tepat di Pemilihan Kepala  Daerah (Pilkada) 2018.

"Keduanya adalah pasangan nasionalis-religius dan sangat baik jika mereka berpasangan di Pilkada Jatim," ujarnya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu.

Pasangan Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul dan Anas diprediksi akan diusung oleh PDI Perjuangan dan berkoalisi dengan PKB yang terlebih dahulu telah mengeluarkan surat rekomendasi.

Menurut dia, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri perlu melihat kombinasi nasionalis religius karena akan menjadi sangat penting untuk Pilkada Jatim.

Selain ada ikatan kuat secara emosional dengan NU, kata dia, Megawati dapat melihat elektabilitas Gus Ipul dan popularitas Azwar Anas sehingga menjadi modal memenangkan Pilkada Jatim.

"Saya pikir akan menjadi koalisi Pilkada yang baik. Ditunggu saja bagaiamana keputusan PDIP," ucap dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tersebut.

Sementara itu, DPP PDI Perjuangan dijadwalkan mengumumkan secara langsung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 di kantor DPP PDIP di Jakarta, Minggu (15/10).

Pada hari ini, Megawati Soekarnoputri juga memanggil mayoritas bupati/wali kota asal Jatim yang terpilih melalui PDIP di kediamannya, antara lain Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Trenggalek Emil Dardak, Bupati Ngawi Budi Sulistyono dan beberapa nama lainnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017